( +62) 222 7612 165 info@shariagreenland.com

Salah satu cara paling populer ketika membeli rumah adalah skema KPR. Pilihan ini banyak diambil, karena ada banyak keuntungan yang dapat diambil, seperti uang muka yang ringan, legalitas terjamin, dan juga investasi jangka panjang. Selain itu, KPR juga menjadi solusi bagi Anda yang kesulitan menyediakan uang tunai dalam jumlah yang besar.

Sayangnya, sistem KPR pada umumnya tidak sesuai syariah. Contohnya KPR konvensional yang menerapkan suku bunga pada cicilannya. Padahal kita ketahui bahwa suku bunga ini termasuk riba.

 

Solusi KPR Tanpa Riba

Solusi yang bisa dipilih konsumen untuk menghindari riba adalah dengan mencari KPR tanpa Riba, atau KPR Syariah. Setidaknya ada dua jenis KPR yang mengusung konsep Syariah, yaitu KPR Bank Syariah dan KPR Syariah tanpa Bank. Meskipun sama sama mengusung syariah, keduanya merupakan hal yang berbeda.

Baca juga : Inilah Perbedaan KPR Syariah dan KPR Bank Syariah

 

# KPR Bank Syariah

Pada KPR Bank Syariah terdapat tiga pihak yang terlibat, yaitu konsumen, developer, dan Bank Syariah. Bank Syariah seolah membeli rumah kepada developer untuk kemudian dijual kembali kepada konsumen. Dalam hal ini Bank Syariah tidak menerapkan suku bunga, namun mengambil sejumlah margin tertentu. Tidak seperti KPR Konvensional yang cicilannya tergantung pada suku bunga di pasaran (untuk suku bunga float/ mengambang), pada KPR Syariah nilai cicilannya flat/tetap dari awal, hingga lunas.

Sayangnya ada perbedaan pandangan dari kalangan ulama mengenai Bank Syariah ini. Ada sebagian yang membolehkan, namun ada juga yang tidak merekomendasikannya. Konsep syariah yang diterapkan oleh Bank Syariah dipandang masih belum sempurna dan perlu diperbaiki. Misalnya adanya penerapan denda yang dalam Islam termasuk riba, serta adanya multi akad yang diharamkan Islam.

Baca juga : KPR Bank Syariah, Patut Diapresiasi, Namun Masih Perlu Dikritisi

 

# KPR Syariah Tanpa Bank

Alternatif lain yang bisa Anda pilih ketika mencari KPR tanpa riba adalah dengan mengajukan KPR secara langsung ke developer. Saat ini banyak developer yang menawarkan konsep KPR Syariah tanpa Bank, misalnya Sharia Green Land.

Pihak yang terlibat pada skema KPR ini hanya ada dua saja, yaitu konsumen dan developer. Oleh karena tidak ada lembaga keuangan seperti Bank, maka developer memiliki dua peran sekaligus, yaitu sebagai penjual rumah dan juga lembaga keuangan. Disatu sisi hal ini menjadi salah satu keunggulan KPR Syariah Tanpa Bank, karena prosesnya menjadi lebih simple. Namun, disisi lain, Anda harus teliti terhadap pemilihan developer yang terpercaya.

Bagaimana, sudah yakin dan mantap mengambil KPR tanpa riba? Mudah – mudahan Allah memberi kemudahan bagi kita semua yang ingin memiliki rumah. Aamiin …

Jangan lupa, untuk menekan tombol notifikasi di samping kiri bawah untuk mendapatkan tulisan bermanfaat lainnya.

REKOMENDASI

Cara Jitu Mendisiplinkan Anak Sejak Dini

Cara Jitu Mendisiplinkan Anak Sejak Dini

Mendisiplinkan anak sejak dini memang bukan perkara yang mudah. Betul tidak Ayah, Bunda? Meski begitu, hal ini tetap perlu dilakukan supaya mereka dapat tumbuh menjadi anak yang disiplin dan saleh. Lalu pendidikan seperti apa yang tepat diberikan kepada buah hati kita...

Inilah Alasan Mengapa Peran Ayah Dalam Mendidik Anak Sangat Besar

Inilah Alasan Mengapa Peran Ayah Dalam Mendidik Anak Sangat Besar

Ada sedikit kekeliruan pemahaman di sebagian kalangan masyarakat mengenai tugas orang tua dalam mendidik anak. Ada yang beranggapan bahwa mendidik anak adalah tugas dan tanggung jawab seorang ibu. Apakah itu benar?   Mendidik Anak Adalah Salah Satu Tugas Penting...

Inilah Penyebab Anak Rewel yang Mungkin Tidak Anda Sadari

Inilah Penyebab Anak Rewel yang Mungkin Tidak Anda Sadari

Siapa orang tua yang senang memiliki anak rewel? Tentu tidak ada bukan. Ada banyak hal yang menjadi penyebab anak rewel. Salah satu hal yang paling sering terjadi dan mungkin tidak disadari oleh sebagian orang tua adalah jalinan komunikasi yang kurang baik antara anak...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *