logo Sharia Green Land panjang 2
LOGO Sharia Green Land
logo Sharia Green Land panjang 2
Oktober 8, 2021

7 Ide Ventilasi Atap Dapur, Udara Segar Bebas Sumpek

Ventilasi atap dapur penting untuk diperhatikan guna menciptakan kenyamanan saat berada di dalam rumah. Dengan sirkulasi udara yang baik, Anda akan mendapatkan oksigen yang cukup. Sehingga udara di dalam rumah akan terasa segar.

Salah satu syarat membuat rumah yang disarankan oleh Islam adalah Hunian yang nyaman untuk seluruh anggota keluarga. Nyaman di sini dalam artian nyaman secara tatanan, desain atau pengaturan interior, dan juga nyaman dalam artian lingkungan.

Mungkin dalam Al Quran dan Hadis tidak secara implisit menjelaskan bentuk rumah yang Ideal. Namun kita bisa mengambil intisarinya mengenai wujud rumah yang sesuai syari'iy. Misalnya, islam mengajarkan umatnya untuk menutup aurat. Maka kita bisa membuat desain rumah yang bisa menjaga privasi penghuninya, salah satu caranya dengan menambahkan loster di depan rumah.

Selain wujud fisik rumah, Islam lebih menitikberatkan aspek fungsi dan lingkungan di sekitar rumah. Terdapat peribahasa bahasa Arab mengatakan bahwa sebelum membangun rumah kita harus memperhatikan tetangga atau lingkungan. Jika lingkungan buruk, sebagus apapun rumah yang kita buat atau seestetis apapun bangunan dan interior yang Anda miliki kalau lingkungan tidak baik kenyamanan juga tidak akan tercipta.

Pentingnya Ventilasi yang Baik

Salah syarat rumah nyaman adalah memiliki sirkulasi udara yang cukup. Memiliki sirkulasi udara yang cukup, membuat rumah Anda akan menerima oksigen lebih banyak sehingga udara di dalam rumah Anda akan terus berganti dan tidak ada udara kotor.

Maka itu Anda harus memperhatikan yang namanya ventilasi udara, terlebih lagi ventilasi yang ada di dapur. Karena ventilasi ini merupakan tempat bertukarnya udara. Ventilasi udara yang baik akan membuat udara di ruangan Anda akan terus berganti, sehingga tidak akan mengakibatkan rasa sumpek.

Dapur merupakan tempat untuk memasak, sehingga tidak heran jika ruangan yang satu ini akan terasa lebih panas dan pengap ketika sedang melakukan proses memasak. Untuk itu sangat pentig bagi Anda untuk membuat ventilasi atap dapur yang baik agar Anda memiliki sirkulasi udara yang baik juga.

Lantas bagaimana model ventilasi atap dapur yang paling direkomendasikan untuk setiap hunian agar sirkulasi udara terus berjalan? Kami memiliki beberapa rekomendasi model ventilasi atap dapur yang maksimal saat mengeluarkan asap dari sisa proses memasak. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

Rekomendasi Model Ventilasi Atap Dapur

Ventilasi merupakan salah satu bagian penting dekorasi rumah, terutama yang berada di dapur. Dapur merupakan salah satu ruangan yang wajib diberi ventilasi. Hal ini dikarenakan dapur merupakan tempat masak yang sudah pasti ruangannya akan terasa panas dan penuh aroma asap.

Maka itu jika tidak ada ventilasi dapur, udara akan terasa panas dan juga pengap akibat sisa proses memasak. Karena pertukaran udara asap dapur dengan udara di luar salah satunya melalui ventilasi.

Berikut beberapa rekomendasi model ventilasi atap dapur yang bisa Anda terapkan.

1. Ventilasi Atap Dapur Desain Terbuka

Ventilasi Atap Dapur Desain Terbuka

Rekomendasi yang pertama adalah desain ventilasi atap dapur terbuka. Desain ventilasi dapur yang satu ini memiliki bentuk seperti jendela sehingga Anda bisa membuka dan menutupnya kapanpun sesuai kebutuhan Anda.

Desain ventilasi ini cocok Anda letakkan di bagian dekat dengan pembuangan asap masakan atau kompor. Sehingga ketika Anda sedang beraktivitas di dapur seperti memasak, Anda bisa membukanya.

Terjadi pertukaran udara yang baik membuat dapur Anda tidak bau asap dan terasa pengap. Saat menjelang malam Anda bisa menutupnya. Desain ventilasi terbuka ini cukup fleksibel, bisa Anda gunakansesuai kebutuhan.

Baca juga: Ciptakan Rumah Sehat Dengan Ventilasi Dapur Yang Baik

2. Desain Ventilasi Sepanjang Dinding Atas

Desain ventilasi sepanjang dinding atas

Desain ventilasi yang satu ini merupakan salah satu desain ventilasi sederhana yang bisa Anda terapkan di dapur. Jika Anda memiliki dapur minimalis atau sedang merancang dapur dengan konsep minimalis, desain ventilasi sepanjang dinding atas ini cocok Anda terapkan.

Karena desain ventilasi ini bisa membuat sirkulasi udara di dapur Anda lebih lancar. Tidak hanya itu, ventilasi sederhana di sepanjang dinding atas, memiliki kesan simple dan sangat mudah jika ingin Anda bersihkan sewaktu-waktu. Sehingga, ventilasi dapur Anda akan selalu bersih karena ventilasi jenis ini mudah dibersihkan.

3. Desain Ventilasi dengan Atap Lubang Kotak-Kotak

Desain ventilasi dengan atap lubang kotak

Jika Anda menginginkan sirkulasi udara dapur yang memiliki sirkulasi keluar masuknya udara lebih banyak, Anda bisa gunakan desain ventilasi dapur lubang kotak-kotak ini. Lubang ventilasi ini bisa Anda letakkan di atap dapur secara berjajar atau juga bisa Anda letakkan di dinding dapur bagian atas.

Selain membuat sirkulasi udara dapur lebih maksimal keluar masuknya, desain ventilasi dapur dengan atap lubang kotak-kotak ini juga bisa membuat dapur tampak indah dan enak dipandang.

Anda bisa mengkreasikan nya sendiri dengan membuat ventilasi berbentuk kotak-kotak kecil atau kotak-kotak besar. Desain ini bisa disesuaikan dengan ukuran ruangan dan juga kebutuhan ventilasi Anda. Sebelum menentukan ukuran kotak-kotaknya Anda harus tahu dulu ukuran dapur Anda dan kebutuhan udara untuk dapur tersebut.

Baca juga: 8 Cara Menata Barang Di Rumah Sempit Simpel Tapi Efektif

4. Desain Ventilasi Dapur Model Bersilang Silang

Desain ventilasi dapur model bersilang

Rekomendasi selanjutnya adalah pesan baru dengan bentuk bersilang silang.

Desain yang satu ini merupakan salah satu desain ventilasi dapur yang banyak sekali digunakan pada hunian minimalis. Desain ini memiliki nilai estetis yang tinggi sehingga banyak orang yang menggunakan desain ini untuk diterapkan di rumah mereka.

Selain itu ventilasi model ini juga cukup efektif untuk membuang karbondioksida dari dapur yang memiliki ukuran terbatas. Ventilasi model bersilang silang ini sangat cocok Anda terapkan di dapur yang memiliki konsep minimalis.

5. Desain ventilasi dapur dengan atap bening

Desain ventilasi dapur dengan atap bening

Rekomendasi selanjutnya adalah desain ventilasi atap dapur dengan paduan atap bening. Jika Anda memiliki dapur dengan ukuran luas, desain ventilasi yang satu ini sangat cocok Anda terapkan.

Memiliki model desain ventilasi atap yang berongga banyak dan paduan atap bening, membuat desain ventilasi yang satu ini efektif untuk dapur Anda. Selain berfungsi untuk pertukaran udara keluar masuk, desain ventilasi ini juga membuat Anda untuk menghemat listrik di siang hari karena atapnya yang bening bisa menyerap banyak cahaya untuk masuk ke dalam ruangan.

6. Desain Ventilasi Saluran Cerobong dan Jendela Sekat

Ventilasi Saluran Cerobong dan Jendela Sekat

Desain ventilasi yang satu ini, merupakan desain ventilasi yang cocok bagi Anda yang memiliki konsep dapur minimalis. Karena, model ventilasi yang satu ini memiliki banyak fungsi, sehingga akan sangat efektif sebagai keluar masuk udara bersih dan udara kotor.

Anda tidak lagi perlu khawatir dengan Asap yang dihasilkan saat memasak, karena pergantian udara terjadi secara maksimal. Selain itu, desain ventilasi saluran cerobong asap dan jendela sekat bergaris ini bisa menambah nilai estetis desain interior dan eksterior dapur Anda.

7. Desain Ventilasi Dapur dengan Kotak di Tengah

Desain Ventilasi Dapur dengan Kotak di Tengah

Desain Ventilasi ini merupakan salah satu desain ventilasi dapur yang sangat simpel dan sangat cocok untuk ruang dapur yang luas. Dengan desain yang besar, sirkulasi udara di dapur juga akan maksimal, sehingga dapur Anda tidak akan panas atau pengap. Selain itu, desain ini bisa menambah nilai estetis dapur Anda.

Baca juga: Tips Mudah Langsung Praktek! Cara Mengolah Minyak Jelantah Menjadi Sabun Cuci

Demikian ulasan kami tentang beberapa rekomendasi desain ventilasi atap dapur yang bisa kami uraikan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Article written by Hasannudin
LOGO resmi SHARIA GREEN LAND
Sharia Green Land merupakan Developer Properti yang telah berdiri sejak 12 Februari 2015. Memiliki visi besar untuk membangun kawasan islami bagi masyarakat muslim. Tidak hanya menyediakan hunian untuk tempat tinggal. Namun juga kawasan islami diharapkan mampu memberikan ketenangan hati. Karena rumah lebih dari sekedar tempat tinggal.
Kenali Lebih Jauh

Tulisan Serupa

Mau mendapatkan informasi mengenai tulisan terupdate?

Silahkan isi form di bawah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Oktober 8, 2021

7 Ide Ventilasi Atap Dapur, Udara Segar Bebas Sumpek

Ventilasi atap dapur penting untuk diperhatikan guna menciptakan kenyamanan saat berada di dalam rumah. Dengan sirkulasi udara yang baik, Anda akan mendapatkan oksigen yang cukup. Sehingga udara di dalam rumah akan terasa segar.

Salah satu syarat membuat rumah yang disarankan oleh Islam adalah Hunian yang nyaman untuk seluruh anggota keluarga. Nyaman di sini dalam artian nyaman secara tatanan, desain atau pengaturan interior, dan juga nyaman dalam artian lingkungan.

Mungkin dalam Al Quran dan Hadis tidak secara implisit menjelaskan bentuk rumah yang Ideal. Namun kita bisa mengambil intisarinya mengenai wujud rumah yang sesuai syari'iy. Misalnya, islam mengajarkan umatnya untuk menutup aurat. Maka kita bisa membuat desain rumah yang bisa menjaga privasi penghuninya, salah satu caranya dengan menambahkan loster di depan rumah.

Selain wujud fisik rumah, Islam lebih menitikberatkan aspek fungsi dan lingkungan di sekitar rumah. Terdapat peribahasa bahasa Arab mengatakan bahwa sebelum membangun rumah kita harus memperhatikan tetangga atau lingkungan. Jika lingkungan buruk, sebagus apapun rumah yang kita buat atau seestetis apapun bangunan dan interior yang Anda miliki kalau lingkungan tidak baik kenyamanan juga tidak akan tercipta.

Pentingnya Ventilasi yang Baik

Salah syarat rumah nyaman adalah memiliki sirkulasi udara yang cukup. Memiliki sirkulasi udara yang cukup, membuat rumah Anda akan menerima oksigen lebih banyak sehingga udara di dalam rumah Anda akan terus berganti dan tidak ada udara kotor.

Maka itu Anda harus memperhatikan yang namanya ventilasi udara, terlebih lagi ventilasi yang ada di dapur. Karena ventilasi ini merupakan tempat bertukarnya udara. Ventilasi udara yang baik akan membuat udara di ruangan Anda akan terus berganti, sehingga tidak akan mengakibatkan rasa sumpek.

Dapur merupakan tempat untuk memasak, sehingga tidak heran jika ruangan yang satu ini akan terasa lebih panas dan pengap ketika sedang melakukan proses memasak. Untuk itu sangat pentig bagi Anda untuk membuat ventilasi atap dapur yang baik agar Anda memiliki sirkulasi udara yang baik juga.

Lantas bagaimana model ventilasi atap dapur yang paling direkomendasikan untuk setiap hunian agar sirkulasi udara terus berjalan? Kami memiliki beberapa rekomendasi model ventilasi atap dapur yang maksimal saat mengeluarkan asap dari sisa proses memasak. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

Rekomendasi Model Ventilasi Atap Dapur

Ventilasi merupakan salah satu bagian penting dekorasi rumah, terutama yang berada di dapur. Dapur merupakan salah satu ruangan yang wajib diberi ventilasi. Hal ini dikarenakan dapur merupakan tempat masak yang sudah pasti ruangannya akan terasa panas dan penuh aroma asap.

Maka itu jika tidak ada ventilasi dapur, udara akan terasa panas dan juga pengap akibat sisa proses memasak. Karena pertukaran udara asap dapur dengan udara di luar salah satunya melalui ventilasi.

Berikut beberapa rekomendasi model ventilasi atap dapur yang bisa Anda terapkan.

1. Ventilasi Atap Dapur Desain Terbuka

Ventilasi Atap Dapur Desain Terbuka

Rekomendasi yang pertama adalah desain ventilasi atap dapur terbuka. Desain ventilasi dapur yang satu ini memiliki bentuk seperti jendela sehingga Anda bisa membuka dan menutupnya kapanpun sesuai kebutuhan Anda.

Desain ventilasi ini cocok Anda letakkan di bagian dekat dengan pembuangan asap masakan atau kompor. Sehingga ketika Anda sedang beraktivitas di dapur seperti memasak, Anda bisa membukanya.

Terjadi pertukaran udara yang baik membuat dapur Anda tidak bau asap dan terasa pengap. Saat menjelang malam Anda bisa menutupnya. Desain ventilasi terbuka ini cukup fleksibel, bisa Anda gunakansesuai kebutuhan.

Baca juga: Ciptakan Rumah Sehat Dengan Ventilasi Dapur Yang Baik

2. Desain Ventilasi Sepanjang Dinding Atas

Desain ventilasi sepanjang dinding atas

Desain ventilasi yang satu ini merupakan salah satu desain ventilasi sederhana yang bisa Anda terapkan di dapur. Jika Anda memiliki dapur minimalis atau sedang merancang dapur dengan konsep minimalis, desain ventilasi sepanjang dinding atas ini cocok Anda terapkan.

Karena desain ventilasi ini bisa membuat sirkulasi udara di dapur Anda lebih lancar. Tidak hanya itu, ventilasi sederhana di sepanjang dinding atas, memiliki kesan simple dan sangat mudah jika ingin Anda bersihkan sewaktu-waktu. Sehingga, ventilasi dapur Anda akan selalu bersih karena ventilasi jenis ini mudah dibersihkan.

3. Desain Ventilasi dengan Atap Lubang Kotak-Kotak

Desain ventilasi dengan atap lubang kotak

Jika Anda menginginkan sirkulasi udara dapur yang memiliki sirkulasi keluar masuknya udara lebih banyak, Anda bisa gunakan desain ventilasi dapur lubang kotak-kotak ini. Lubang ventilasi ini bisa Anda letakkan di atap dapur secara berjajar atau juga bisa Anda letakkan di dinding dapur bagian atas.

Selain membuat sirkulasi udara dapur lebih maksimal keluar masuknya, desain ventilasi dapur dengan atap lubang kotak-kotak ini juga bisa membuat dapur tampak indah dan enak dipandang.

Anda bisa mengkreasikan nya sendiri dengan membuat ventilasi berbentuk kotak-kotak kecil atau kotak-kotak besar. Desain ini bisa disesuaikan dengan ukuran ruangan dan juga kebutuhan ventilasi Anda. Sebelum menentukan ukuran kotak-kotaknya Anda harus tahu dulu ukuran dapur Anda dan kebutuhan udara untuk dapur tersebut.

Baca juga: 8 Cara Menata Barang Di Rumah Sempit Simpel Tapi Efektif

4. Desain Ventilasi Dapur Model Bersilang Silang

Desain ventilasi dapur model bersilang

Rekomendasi selanjutnya adalah pesan baru dengan bentuk bersilang silang.

Desain yang satu ini merupakan salah satu desain ventilasi dapur yang banyak sekali digunakan pada hunian minimalis. Desain ini memiliki nilai estetis yang tinggi sehingga banyak orang yang menggunakan desain ini untuk diterapkan di rumah mereka.

Selain itu ventilasi model ini juga cukup efektif untuk membuang karbondioksida dari dapur yang memiliki ukuran terbatas. Ventilasi model bersilang silang ini sangat cocok Anda terapkan di dapur yang memiliki konsep minimalis.

5. Desain ventilasi dapur dengan atap bening

Desain ventilasi dapur dengan atap bening

Rekomendasi selanjutnya adalah desain ventilasi atap dapur dengan paduan atap bening. Jika Anda memiliki dapur dengan ukuran luas, desain ventilasi yang satu ini sangat cocok Anda terapkan.

Memiliki model desain ventilasi atap yang berongga banyak dan paduan atap bening, membuat desain ventilasi yang satu ini efektif untuk dapur Anda. Selain berfungsi untuk pertukaran udara keluar masuk, desain ventilasi ini juga membuat Anda untuk menghemat listrik di siang hari karena atapnya yang bening bisa menyerap banyak cahaya untuk masuk ke dalam ruangan.

6. Desain Ventilasi Saluran Cerobong dan Jendela Sekat

Ventilasi Saluran Cerobong dan Jendela Sekat

Desain ventilasi yang satu ini, merupakan desain ventilasi yang cocok bagi Anda yang memiliki konsep dapur minimalis. Karena, model ventilasi yang satu ini memiliki banyak fungsi, sehingga akan sangat efektif sebagai keluar masuk udara bersih dan udara kotor.

Anda tidak lagi perlu khawatir dengan Asap yang dihasilkan saat memasak, karena pergantian udara terjadi secara maksimal. Selain itu, desain ventilasi saluran cerobong asap dan jendela sekat bergaris ini bisa menambah nilai estetis desain interior dan eksterior dapur Anda.

7. Desain Ventilasi Dapur dengan Kotak di Tengah

Desain Ventilasi Dapur dengan Kotak di Tengah

Desain Ventilasi ini merupakan salah satu desain ventilasi dapur yang sangat simpel dan sangat cocok untuk ruang dapur yang luas. Dengan desain yang besar, sirkulasi udara di dapur juga akan maksimal, sehingga dapur Anda tidak akan panas atau pengap. Selain itu, desain ini bisa menambah nilai estetis dapur Anda.

Baca juga: Tips Mudah Langsung Praktek! Cara Mengolah Minyak Jelantah Menjadi Sabun Cuci

Demikian ulasan kami tentang beberapa rekomendasi desain ventilasi atap dapur yang bisa kami uraikan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Article written by Hasannudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LOGO resmi SHARIA GREEN LAND
Sharia Green Land merupakan Developer Properti yang telah berdiri sejak 12 Februari 2015. Memiliki visi besar untuk membangun kawasan islami bagi masyarakat muslim. Tidak hanya menyediakan hunian untuk tempat tinggal. Namun juga kawasan islami diharapkan mampu memberikan ketenangan hati. Karena rumah lebih dari sekedar tempat tinggal.
Kenali Lebih Jauh

Mau mendapatkan informasi mengenai tulisan terupdate?

Silahkan isi form di bawah