logo Sharia Green Land panjang 2
LOGO Sharia Green Land
logo Sharia Green Land panjang 2
Oktober 1, 2021

MasyaAllah, Inilah Khasiat Daun Bidara Dalam Al-Qur'an

Ada banyak khasiat daun bidara dalam Al-Qur'an, mulai dari mandi wajib hingga untuk menghindarkan ganguan sihir dan jin.

Pohon bidara adalah pohon yang disebutkan dalam Al-Qur'an surah Al-Waqiah ayat 27-31 sebagai pohon yang ada di surga. Dalam surah Al-Waqiah 27-31 memiliki arti :

"Dan golongan kanan, siapakah golongan kanan itu? (Mereka) berada di antara pohon bidara yang tidak berduri, dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya), dan naungan yang terbentang luas,dan air yang mengalir terus-menerus".

Selain dalam surah Al-Waqia, pohon bidara pun disebut dalam surah Al-Saba ayat 16, yang memiliki arti

"Tetapi mereka berpaling, Maka Kami datangkan kepada mereka banjir yang besar dan Kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon Atsl dan sedikit dari pohon Sidr (bidara).”

Tak hanya sebagai pohon yang istimewa dalam Al-Qur'an, pohon Bidara, terutama daunnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Seringkali daun bidara dimanfaatkan umat Islam untuk mengusir jin.

Selain itu, daun Bidara sering dijadikan obat herbal, sebab daun ini terbukti dapat mengatasi berbagai macam penyakit. Khasiat daun Bidara untuk mengatasi berbagai macam penyakit pun telah diuji secara klinis.

Sehingga Anda tak usah ragu lagi menggunakan daun Bidara untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan berikut ini. Selain itu, daun bidara pun memiliki kemampuan untuk mengusir jin dan gangguan sihir.

Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan

Anda tidak akan terlalu sulit mendapatkan pohon bidara atau yang memiliki nama latin Ziziphus Mauritiana ini. Karena pohon Bidara termasuuk pohon yang sering tumbuh di kawasan Asia Tenggara, termasuk di Indonesia.

Manfaat pohon Bidara memang banyak, mulai dari melancarkan pencernaan, meningkatkan imunitas tubuh, hingga dapat berperan sebagai antioksidan. Manfaat selengkapnya dari buah dan bahkan daun Bidara dapat Anda simak berikut ini.

1. Menyembuhkan Luka

daun bidara bisa menyembuhkan luka

Khasiat daun bidara yang pertama adalah dapat digunakan untuk menyembuhkan luka di kulit. Daun Bidara memang dipercaya memiliki kandungan anti-bakteri dan anti-inflasi, dengan kandungan ini maka Insya Allah daun Bidara dapat menyembuhkan luka sayatan, luka gores, dan lecet pada kulit Anda.

2. Mengatasi Diabetes

daun bidara bisa menyembuhkan diabetes

Khasiat lain yang bisa Anda manfaatkan dari daun bidara adalah bisa digunakan untuk mengatasi diabetes. Penyakit diabetes, jika tak diatasi dengan benar, maka bisa menjadikan penyakit tersebut makin parah.

Biasanya orang yang memiliki penyakit diabetes tak hanya mengatasi penyakit tersebut dengan obat-obatan kimiawi saja. Banyak juga yang mengatasi masalah diabetes dengan obat-obatan tradisional.

Nah, bagi Anda yang memiliki penyakit diabetes, dan ingin mengatasinya dengan pengobatan herbal, maka Anda dapat menggunakan daun bidara. Daun bidara memiliki kandungan senyawa yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sistem pengaturan kadar gula.

3. Untuk Perawatan Kulit

daun bidara bisa untuk perawatan kulit

Tak hanya buahnya saja yang dapat Anda manfaatkan untuk merawat kecantikan kulit, daunnya pun ternyata memiliki manfaat yang sama. Ekstrak daun bidara dapat Anda manfaatkan untuk kecantikan kulit.

Antioksidan pada daun bidara inilah yang menjadikan daun bidara efektif untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit Anda. Tak hanya itu saja, daun bidara pun dipercaya dapat mencegah tumbuhnya jerawat pada kulit wajah Anda. Dengan daun bidara, Insya Allah kulit wajah Anda bisa sehat dan terjaga.

4. Sebagai Anti-bakteri

daun bidara bisa untuk anti bakteri

Daun bidara pun memiliki sifat sebagai anti-bakteri. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Sustainability menyatakan bahwa di dalam ekstrak daun bidara terkandung fenolik dan flavonoid. Kedua senyawa ini selain dikenal sebagai antioksidan, sifat anti-bakteri pun dalam tumbuhan bidara.

5. Menurut Kolesterol

daun bidara bisa untuk menurunkan kolesterol

Manfaat selanjutnya dari daun bidara adalah dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh manusia. Khasiat daun bidara ini dapat mengikat kadar kolesterol berlebihan dalam tubuh, dan membuangnya lewat urin. Untuk itu, bagi Anda yang memang memiliki kolesterol tinggi, maka bisa mengonsumsi serat daun bidara yang larut dalam air.

6. Anti Kanker

daun bidara bisa mengurangi resiko kanker (1)

Kanker menjadi salah satu penyakit yang mematikan. Untuk itu, Anda yang memang memiliki penyakit kanker, maka jelas harus maksimal dalam mengobati penyakit ini. Daun bidara diketahui mengandung senyawa alkaloid, saponin, triterpenoid dan steroid. Senyawa-senyawa tersebut memiliki efek anti-kanker.

7. Mengatasi Keputihan

Keputihan adalah masalah yang sering terjadi pada wanita. Keputihan bisa membuat Anda yang mengalaminya merasa tak nyaman dan bahkan gatal di area organ intim wanita. Bagi para wanita yang memang memiliki masalah keputihan, maka tak ada salahnya mencoba mengonsumsi daun bidara. Insya Allah keputihan yang Anda alami bisa teratasi.

8. Merawat Rambut

Daun bidara bisa Anda manfaatkan sebagi hair tonic. Daun bidara memiliki manfaat untuk merawat rambut, seperti untuk mencegah kerontokan, dan membuat rambut Anda makin kuat. Bagi Anda yang memang memiliki masalah pada rambut Anda, maka Anda pun dapat memanfaatkan daun Bidara.

Itu adalah manfaat atau khasiat daun bidara. Sebenarnya, daun bidara tak hanya bermanfaat bagi kesehatan saja. Banyak orang yang percaya jika daun bidara adalah daun yang ditakuti oleh jin. Bahkan, dikatakan jika sejak zaman nabi, daun bidara ini sudah digunakan untuk mengusir jin dan gangguan sihir.

Khasiat Daun Bidara Dalam Al-Qur'an dan Hadits

Dalam beberapa hadits, menyebutkan jika daun bidara memiliki berbagai manfaat, seperti untuk mandi wajib, mandi haid, mandi ketika kita baru masuk agama Islam, dan untuk memandikan jenazah.

1. Daun Bidara Untuk Mandi Orang yang Baru Mualaf

Manfaat lainnya dari daun bidara dalam agama Islam dapat digunakan sebagai bahan untuk mandinya orang yang baru masuk Islam atau Mualaf. Hal ini seperti pada hadis yang diriwayatkan HR. An Nasai, At Tirmidzi, Ahmad, dan dishahihkan oleh Syaikh Al Albani, menyebutkan bahwa

" dari Qois bin ‘Ashim radhiyallahu ‘anhu, beliau masuk Islam,lantas Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkannya untuk mandi dengan air dan daun sird (daun bidara).

Dengan demikian, maka bagi Anda atau kerabat dekat Anda ada yang baru masuk Islam, maka bisa mandi dengan daun bidara dan air.

2. Untuk Memandikan Jenazah

daun bidara bisa untuk memandikan jenazah

Selanjutnya, manfaat daun bidara bisa digunakan untuk memandikan jenazah. Mungkin, hal ini adalah hal yang sudah biasa bagi umat Islam. Hadist lain yang menerangkan tentang hal ini adalah sebagai berikut ini:

"Rasulullah berkata kepada Ummu ‘Athiyah dan kepada para wanita yang melayat untuk memandikan anaknya; "Mandikanlah dengan mengguyurkan air yang dicampur dengan daun bidara tiga kali, lima kali atau lebih dari itu jika kalian anggap perlu dan jadikanlah yang terakhirnya dengan kapur barus (wewangian).”

HR Bukhari dan Muslim.

3. Untuk Mandi Wajib Setalah Haid

Hadis yang membahas hal ini adalah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim. Hadis tersebut berbunyi

"Dari Aisyah radhiallahu 'anha bahwa “Asma' bertanya kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam tentang mandi wanita haidh. Maka beliau bersabda, "Salah seorang dari kalian hendaklah mengambil air dan daun bidara, lalu engkau bersuci, lalu membaguskan bersucinya".

4. Untuk Mengatasi Gangguan Sihir dan jin

daun bidara bisa menghindarkan gangguan jin

Daun bidara pun dipercaya dapat mengatasi gangguan sihir. Ibnu Katsir menafsirkan surah Al-Baqarah ayat 102, tentang fitnah setan kepada nabi Sulaiman, bahwa untuk mengobati sihir sebaiknya gunakan tujuh daun bidara yang ditumbuk halus dan dicampur dengan air, lalu bacakan ayat kursi, surat al-Falaq dan beberapa ayat lain yang dapat mengusir setan, Insya Allah atas izin Allah gangguan sihir bisa diatasi.

Baca juga: 6 Cara Mengusir Semut Di Dalam Rumah Menurut Islam

Itulah beberapa khasiat daun bidara dalam Al-Qur'an. Semoga penjelasan ini bisa bermanfaat. Aamiin...

Article written by Hasannudin
LOGO resmi SHARIA GREEN LAND
Sharia Green Land merupakan Developer Properti yang telah berdiri sejak 12 Februari 2015. Memiliki visi besar untuk membangun kawasan islami bagi masyarakat muslim. Tidak hanya menyediakan hunian untuk tempat tinggal. Namun juga kawasan islami diharapkan mampu memberikan ketenangan hati. Karena rumah lebih dari sekedar tempat tinggal.
Kenali Lebih Jauh

Tulisan Serupa

Mau mendapatkan informasi mengenai tulisan terupdate?

Silahkan isi form di bawah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Oktober 1, 2021

MasyaAllah, Inilah Khasiat Daun Bidara Dalam Al-Qur'an

Ada banyak khasiat daun bidara dalam Al-Qur'an, mulai dari mandi wajib hingga untuk menghindarkan ganguan sihir dan jin.

Pohon bidara adalah pohon yang disebutkan dalam Al-Qur'an surah Al-Waqiah ayat 27-31 sebagai pohon yang ada di surga. Dalam surah Al-Waqiah 27-31 memiliki arti :

"Dan golongan kanan, siapakah golongan kanan itu? (Mereka) berada di antara pohon bidara yang tidak berduri, dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya), dan naungan yang terbentang luas,dan air yang mengalir terus-menerus".

Selain dalam surah Al-Waqia, pohon bidara pun disebut dalam surah Al-Saba ayat 16, yang memiliki arti

"Tetapi mereka berpaling, Maka Kami datangkan kepada mereka banjir yang besar dan Kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon Atsl dan sedikit dari pohon Sidr (bidara).”

Tak hanya sebagai pohon yang istimewa dalam Al-Qur'an, pohon Bidara, terutama daunnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Seringkali daun bidara dimanfaatkan umat Islam untuk mengusir jin.

Selain itu, daun Bidara sering dijadikan obat herbal, sebab daun ini terbukti dapat mengatasi berbagai macam penyakit. Khasiat daun Bidara untuk mengatasi berbagai macam penyakit pun telah diuji secara klinis.

Sehingga Anda tak usah ragu lagi menggunakan daun Bidara untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan berikut ini. Selain itu, daun bidara pun memiliki kemampuan untuk mengusir jin dan gangguan sihir.

Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan

Anda tidak akan terlalu sulit mendapatkan pohon bidara atau yang memiliki nama latin Ziziphus Mauritiana ini. Karena pohon Bidara termasuuk pohon yang sering tumbuh di kawasan Asia Tenggara, termasuk di Indonesia.

Manfaat pohon Bidara memang banyak, mulai dari melancarkan pencernaan, meningkatkan imunitas tubuh, hingga dapat berperan sebagai antioksidan. Manfaat selengkapnya dari buah dan bahkan daun Bidara dapat Anda simak berikut ini.

1. Menyembuhkan Luka

daun bidara bisa menyembuhkan luka

Khasiat daun bidara yang pertama adalah dapat digunakan untuk menyembuhkan luka di kulit. Daun Bidara memang dipercaya memiliki kandungan anti-bakteri dan anti-inflasi, dengan kandungan ini maka Insya Allah daun Bidara dapat menyembuhkan luka sayatan, luka gores, dan lecet pada kulit Anda.

2. Mengatasi Diabetes

daun bidara bisa menyembuhkan diabetes

Khasiat lain yang bisa Anda manfaatkan dari daun bidara adalah bisa digunakan untuk mengatasi diabetes. Penyakit diabetes, jika tak diatasi dengan benar, maka bisa menjadikan penyakit tersebut makin parah.

Biasanya orang yang memiliki penyakit diabetes tak hanya mengatasi penyakit tersebut dengan obat-obatan kimiawi saja. Banyak juga yang mengatasi masalah diabetes dengan obat-obatan tradisional.

Nah, bagi Anda yang memiliki penyakit diabetes, dan ingin mengatasinya dengan pengobatan herbal, maka Anda dapat menggunakan daun bidara. Daun bidara memiliki kandungan senyawa yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sistem pengaturan kadar gula.

3. Untuk Perawatan Kulit

daun bidara bisa untuk perawatan kulit

Tak hanya buahnya saja yang dapat Anda manfaatkan untuk merawat kecantikan kulit, daunnya pun ternyata memiliki manfaat yang sama. Ekstrak daun bidara dapat Anda manfaatkan untuk kecantikan kulit.

Antioksidan pada daun bidara inilah yang menjadikan daun bidara efektif untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit Anda. Tak hanya itu saja, daun bidara pun dipercaya dapat mencegah tumbuhnya jerawat pada kulit wajah Anda. Dengan daun bidara, Insya Allah kulit wajah Anda bisa sehat dan terjaga.

4. Sebagai Anti-bakteri

daun bidara bisa untuk anti bakteri

Daun bidara pun memiliki sifat sebagai anti-bakteri. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Sustainability menyatakan bahwa di dalam ekstrak daun bidara terkandung fenolik dan flavonoid. Kedua senyawa ini selain dikenal sebagai antioksidan, sifat anti-bakteri pun dalam tumbuhan bidara.

5. Menurut Kolesterol

daun bidara bisa untuk menurunkan kolesterol

Manfaat selanjutnya dari daun bidara adalah dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh manusia. Khasiat daun bidara ini dapat mengikat kadar kolesterol berlebihan dalam tubuh, dan membuangnya lewat urin. Untuk itu, bagi Anda yang memang memiliki kolesterol tinggi, maka bisa mengonsumsi serat daun bidara yang larut dalam air.

6. Anti Kanker

daun bidara bisa mengurangi resiko kanker (1)

Kanker menjadi salah satu penyakit yang mematikan. Untuk itu, Anda yang memang memiliki penyakit kanker, maka jelas harus maksimal dalam mengobati penyakit ini. Daun bidara diketahui mengandung senyawa alkaloid, saponin, triterpenoid dan steroid. Senyawa-senyawa tersebut memiliki efek anti-kanker.

7. Mengatasi Keputihan

Keputihan adalah masalah yang sering terjadi pada wanita. Keputihan bisa membuat Anda yang mengalaminya merasa tak nyaman dan bahkan gatal di area organ intim wanita. Bagi para wanita yang memang memiliki masalah keputihan, maka tak ada salahnya mencoba mengonsumsi daun bidara. Insya Allah keputihan yang Anda alami bisa teratasi.

8. Merawat Rambut

Daun bidara bisa Anda manfaatkan sebagi hair tonic. Daun bidara memiliki manfaat untuk merawat rambut, seperti untuk mencegah kerontokan, dan membuat rambut Anda makin kuat. Bagi Anda yang memang memiliki masalah pada rambut Anda, maka Anda pun dapat memanfaatkan daun Bidara.

Itu adalah manfaat atau khasiat daun bidara. Sebenarnya, daun bidara tak hanya bermanfaat bagi kesehatan saja. Banyak orang yang percaya jika daun bidara adalah daun yang ditakuti oleh jin. Bahkan, dikatakan jika sejak zaman nabi, daun bidara ini sudah digunakan untuk mengusir jin dan gangguan sihir.

Khasiat Daun Bidara Dalam Al-Qur'an dan Hadits

Dalam beberapa hadits, menyebutkan jika daun bidara memiliki berbagai manfaat, seperti untuk mandi wajib, mandi haid, mandi ketika kita baru masuk agama Islam, dan untuk memandikan jenazah.

1. Daun Bidara Untuk Mandi Orang yang Baru Mualaf

Manfaat lainnya dari daun bidara dalam agama Islam dapat digunakan sebagai bahan untuk mandinya orang yang baru masuk Islam atau Mualaf. Hal ini seperti pada hadis yang diriwayatkan HR. An Nasai, At Tirmidzi, Ahmad, dan dishahihkan oleh Syaikh Al Albani, menyebutkan bahwa

" dari Qois bin ‘Ashim radhiyallahu ‘anhu, beliau masuk Islam,lantas Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkannya untuk mandi dengan air dan daun sird (daun bidara).

Dengan demikian, maka bagi Anda atau kerabat dekat Anda ada yang baru masuk Islam, maka bisa mandi dengan daun bidara dan air.

2. Untuk Memandikan Jenazah

daun bidara bisa untuk memandikan jenazah

Selanjutnya, manfaat daun bidara bisa digunakan untuk memandikan jenazah. Mungkin, hal ini adalah hal yang sudah biasa bagi umat Islam. Hadist lain yang menerangkan tentang hal ini adalah sebagai berikut ini:

"Rasulullah berkata kepada Ummu ‘Athiyah dan kepada para wanita yang melayat untuk memandikan anaknya; "Mandikanlah dengan mengguyurkan air yang dicampur dengan daun bidara tiga kali, lima kali atau lebih dari itu jika kalian anggap perlu dan jadikanlah yang terakhirnya dengan kapur barus (wewangian).”

HR Bukhari dan Muslim.

3. Untuk Mandi Wajib Setalah Haid

Hadis yang membahas hal ini adalah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim. Hadis tersebut berbunyi

"Dari Aisyah radhiallahu 'anha bahwa “Asma' bertanya kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam tentang mandi wanita haidh. Maka beliau bersabda, "Salah seorang dari kalian hendaklah mengambil air dan daun bidara, lalu engkau bersuci, lalu membaguskan bersucinya".

4. Untuk Mengatasi Gangguan Sihir dan jin

daun bidara bisa menghindarkan gangguan jin

Daun bidara pun dipercaya dapat mengatasi gangguan sihir. Ibnu Katsir menafsirkan surah Al-Baqarah ayat 102, tentang fitnah setan kepada nabi Sulaiman, bahwa untuk mengobati sihir sebaiknya gunakan tujuh daun bidara yang ditumbuk halus dan dicampur dengan air, lalu bacakan ayat kursi, surat al-Falaq dan beberapa ayat lain yang dapat mengusir setan, Insya Allah atas izin Allah gangguan sihir bisa diatasi.

Baca juga: 6 Cara Mengusir Semut Di Dalam Rumah Menurut Islam

Itulah beberapa khasiat daun bidara dalam Al-Qur'an. Semoga penjelasan ini bisa bermanfaat. Aamiin...

Article written by Hasannudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LOGO resmi SHARIA GREEN LAND
Sharia Green Land merupakan Developer Properti yang telah berdiri sejak 12 Februari 2015. Memiliki visi besar untuk membangun kawasan islami bagi masyarakat muslim. Tidak hanya menyediakan hunian untuk tempat tinggal. Namun juga kawasan islami diharapkan mampu memberikan ketenangan hati. Karena rumah lebih dari sekedar tempat tinggal.
Kenali Lebih Jauh

Mau mendapatkan informasi mengenai tulisan terupdate?

Silahkan isi form di bawah