logo Sharia Green Land panjang 2
Januari 11, 2023

15 Cara Menjaga Kebersihan Pekarangan Rumah, Super Lengkap!

Menjaga kebersihan pekarangan rumah merupakan hal yang penting untuk dilakukan secara rutin agar suasana rumah terasa lebih sehat dan nyaman. Pekarangan yang bersih akan menciptakan suasana yang menyenangkan bagi penghuni rumah, serta menjauhkan risiko penyakit. Sebaliknya, pekarangan yang kotor dapat mengundang risiko penyakit dan mengganggu kesehatan.

Menjaga kebersihan pekarangan tidaklah sulit. Hal-hal yang dapat dilakukan diantaranya menyapu pekarangan untuk menghilangkan debu, membuang sampah pada tempatnya, dan merawat taman dengan cara menyiramnya secara rutin. Tanggung jawab menjaga kebersihan pekarangan juga tidak hanya menjadi tanggung jawab satu orang, namun harus dibantu oleh seluruh anggota keluarga. Dengan melakukan cara-cara di atas, pekarangan rumah akan tetap terjaga kebersihannya dan memberikan suasana yang sehat untuk ditempati.

Untuk menjaga kebersihan pekarangan rumah, Kamu dapat melakukan beberapa hal sebagai berikut:

1. Bersihkan Halaman Secara Teratur

Bersihkan Halaman Secara Teratur, salah satu Cara Menjaga Kebersihan Pekarangan Rumah

Bersihkan halaman secara teratur adalah salah satu cara penting dalam menjaga kebersihan pekarangan rumah. Hal ini meliputi pembersihan sampah dan rumput yang tumbuh di jalanan.

Menjaga halaman Kamu bersih dengan mengumpulkan dan membuang sampah yang terdapat di halaman akan membantu mencegah penyebaran sampah dan pencemaran lingkungan. Rumput yang tumbuh di jalanan juga dapat menyebabkan masalah estetika dan juga dapat menyebabkan masalah kesehatan jika tidak ditangani dengan baik.

Untuk membersihkan halaman, Kamu dapat menggunakan peralatan seperti pemotong rumput, sikat, atau cangkul. Juga sangat penting untuk membuat jadwal pembersihan halaman yang teratur, misalnya setiap minggu, setiap 2 minggu atau sebulan sekali, sehingga Kamu dapat memastikan halaman Kamu tetap bersih dan rapi.

Selain itu, Kamu juga dapat meminta bantuan dari anggota keluarga atau orang lain untuk membantu Kamu membersihkan halaman, atau mempekerjakan perusahaan jasa pembersihan halaman untuk melakukannya untuk Kamu. Ini akan membantu Kamu untuk menjaga pekarangan Kamu selalu rapi dan bersih tanpa harus terlalu banyak mengeluarkan waktu dan usaha sendiri.

2. Pemeliharaan Rutin

Pemeliharaan Rutin, salah satu Cara Menjaga Kebersihan Pekarangan Rumah

Pemeliharaan rutin adalah salah satu cara penting dalam menjaga kebersihan pekarangan rumah dan memastikan bahwa tanaman di halaman Kamu tetap sehat dan tumbuh dengan baik.

Beberapa hal yang harus dilakukan dalam pemeliharaan rutin adalah:

  • Membersihkan daun yang rontok dari tanaman
  • Menyingkirkan gulma yang tumbuh di sekitar tanaman
  • Melakukan pemangkasan atau potongan tanaman untuk mempertahankan bentuk dan ukuran yang diinginkan
  • Membersihkan saluran air yang ada di sekitar tanaman
  • Memberikan pupuk dan air pada tanaman sesuai dengan kebutuhan masing-masing jenis tanaman
  • Mengatasi masalah hama dan penyakit yang mungkin terjadi

Pemeliharaan rutin ini harus dilakukan secara berkala, seperti mingguan atau bulanan, untuk memastikan bahwa tanaman Kamu tetap sehat dan tumbuh dengan baik.

Pemeliharaan ini juga akan membantu Kamu untuk mengatasi masalah sebelum mereka menjadi lebih besar dan lebih sulit untuk diatasi. Sebaiknya Kamu juga mengetahui jenis tanaman yang Kamu miliki dan tahap perawatannya yang sesuai.

Ingatlah bahwa pemeliharaan rutin adalah salah satu cara penting dalam menjaga kebersihan pekarangan dan memastikan bahwa tanaman Kamu tetap sehat dan tumbuh dengan baik.

Baca juga: Inovatif! 7 Cara Menata Rumah Kecil Biar Rapi

3. Buat Penyerapan Air Hujan

Buat Penyerapan Air Hujan, salah satu Cara Menjaga Kebersihan Pekarangan Rumah

Penyerapan air hujan adalah cara untuk mengalirkan air hujan dari atap rumah atau tanah ke lokasi yang aman dan tidak menyebabkan kerusakan. Ini merupakan salah satu cara yang efektif dalam menjaga kebersihan pekarangan rumah dan mencegah masalah yang disebabkan oleh air hujan.

Untuk mengalirkan air hujan dari atap rumah, Kamu dapat menginstal saluran air yang mengarah ke saluran air atau kolam air hujan. Kamu juga dapat menggunakan sistem penyediaan air hujan yang akan menyimpan air hujan dari atap rumah dalam tangki atau drum untuk digunakan kembali pada saat kekeringan.

Pada tanah, Kamu dapat membuat saluran air dengan menggali parit atau saluran di sekitar rumah yang akan mengarahkan air hujan ke lokasi yang aman. Kamu juga dapat membuat taman air hujan yang mengalirkan air hujan ke lokasi yang aman dan membuat taman yang indah.

Secara umum, penyerapan air hujan adalah salah satu cara yang efektif untuk mencegah kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh air hujan dan membuat pekarangan rumah Kamu tetap bersih dan sehat.

4. Buatlah Kompos

Membuat Kompost, salah satu Cara Menjaga Kebersihan Pekarangan Rumah

Membuat kompos adalah salah satu cara yang efektif untuk mengelola sampah organik yang dihasilkan dari pekarangan dan mengubahnya menjadi bahan yang berguna untuk menyuburkan tanaman.

Untuk membuat kompos, Kamu akan memerlukan sampah organik seperti daun, rumput, atau serasah, serta bahan kering seperti daun kering atau jerami. Kamu dapat mencampur bahan-bahan ini dalam rasio yang sesuai dan menyimpannya dalam wadah atau komposter yang sesuai. Kemudian Kamu harus memastikan bahwa kompos terus dibaur dan dibasahi dengan benar agar proses pengomposan berjalan dengan baik.

Kompos yang telah siap digunakan sebagai bahan pemupukan yang alami dan efektif untuk tanaman Kamu. Kamu dapat mencampur kompos dengan tanah di sekitar tanaman atau menyiram tanaman dengan air yang ditambah dengan kompos.

Membuat kompos juga membantu dalam mengurangi jumlah sampah organik yang harus dibuang dan mengurangi beban pada lingkungan. Hal ini merupakan cara yang efektif untuk mengelola sampah organik yang dihasilkan dari pekarangan dan mengubahnya menjadi bahan yang berguna untuk menyuburkan tanaman dan juga bisa membantu dalam menjaga lingkungan tetap sehat.

5. Mengelola Tanaman Secara Rutin

Mengelola tanaman, salah satu Cara Menjaga Kebersihan Pekarangan Rumah

Tanam taman adalah salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan estetika pekarangan dan menyediakan habitat bagi berbagai jenis burung dan binatang lainnya.

Tanam taman dapat dilakukan dengan berbagai jenis tanaman seperti bunga, perdu, pohon, atau tanaman yang memiliki daun hijau yang indah. Kamu dapat menanam tanaman yang sesuai dengan kondisi lingkungan di sekitar rumah Kamu dan jenis tanaman yang sesuai dengan cuaca dan jenis tanah yang ada di pekarangan Kamu.

Kamu juga dapat menambahkan element lain pada taman seperti taman air, taman kayu, atau taman bambu untuk menambah estetika dan memberikan habitat bagi berbagai jenis binatang.

Selain meningkatkan estetika, taman juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan lingkungan, seperti mengurangi polusi udara, meningkatkan kualitas udara, dan meningkatkan kualitas air. Taman juga dapat menjadi tempat yang indah untuk duduk dan bersantai, serta tempat yang baik untuk menghabiskan waktu dengan keluarga atau teman.

Ingatlah bahwa tanam taman merupakan salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan estetika pekarangan dan menyediakan habitat bagi berbagai jenis burung dan binatang lainnya, serta memberikan manfaat bagi lingkungan dan kesehatan.

Baca juga: Cara Bikin Taman Depan Rumah Sederhana, Indah Tidak Harus Mahal

6. Bersihkan Saluran Air

Bersihkan Saluran Air, salah satu Cara Menjaga Kebersihan Pekarangan Rumah

Bersihkan saluran air adalah salah satu cara penting dalam menjaga kebersihan pekarangan rumah dan mencegah masalah yang disebabkan oleh air yang tidak teralirkan dengan baik. Saluran air dapat digunakan untuk mengalirkan air hujan dari atap atau tanah ke lokasi yang aman, seperti kolam atau saluran air hujan.

Jika saluran air tidak dibersihkan secara teratur, dapat terjadi pemblokiran yang disebabkan oleh sampah, daun, atau tanaman yang tumbuh di dalamnya. Hal ini dapat menyebabkan air hujan yang tidak teralirkan dengan baik yang dapat menyebabkan masalah seperti banjir, erosi, dan kerusakan lingkungan.

Untuk membersihkan saluran air, Kamu dapat menggunakan peralatan seperti sikat, cangkul, atau pisau belah untuk membersihkan sampah dan tanaman yang tumbuh di dalam saluran air. Kamu juga harus memastikan bahwa saluran air dibersihkan secara teratur, seperti setiap minggu atau setiap bulan, untuk memastikan bahwa saluran air tetap bersih dan dapat mengalirkan air dengan baik.

7. Gunakan Peralatan yang Tepat

Gunakan peralatan yang Tepat saat Menjaga Kebersihan Pekarangan Rumah

Gunakan peralatan yang tepat merupakan salah satu cara penting dalam menjaga kebersihan pekarangan rumah dan membuat pekerjaan membersihkan pekarangan menjadi lebih mudah dan efisien. Beberapa peralatan yang dapat digunakan untuk membersihkan pekarangan rumah adalah sebagai berikut:

  • Pisau belah: digunakan untuk memotong dan memangkas tanaman, serta membersihkan sampah dan gulma yang tumbuh di sekitar tanaman.
  • Cangkul: digunakan untuk mencabik dan menggali tanah, serta membersihkan sampah dan gulma yang tumbuh di tanah.
  • Sikat: digunakan untuk membersihkan tanah dan tanaman dari sampah dan debu.
  • Pemotong rumput: digunakan untuk memotong rumput yang tumbuh di jalanan dan di sekitar tanaman
  • Gunting: digunakan untuk memotong dan memangkas tanaman dan daun

Selain itu, Kamu juga harus memastikan bahwa peralatan yang digunakan dalam keadaan yang baik dan dalam kondisi yang baik, dan harus dipertahankan dan diperbaiki dengan baik. Hal ini akan membantu Kamu untuk melakukan pekerjaan membersihkan pekarangan dengan lebih efisien dan memmeminimalkan risiko kerusakan atau kecelakaan.

Selain peralatan yang digunakan untuk membersihkan pekarangan, Kamu juga harus memastikan bahwa Kamu memiliki peralatan yang diperlukan untuk merawat tanaman, seperti pemupuk, pestisida, atau peralatan irigasi.

Peralatan yang tepat dapat membuat pekerjaan membersihkan pekarangan menjadi lebih mudah dan efisien. Namun, pastikan Kamu juga mengetahui cara yang benar untuk menggunakan peralatan tersebut dan menjaga keselamatan diri dan orang lain saat menggunakannya.

8. Pertimbangkan Menggunakan Teknologi

Pertimbangkan Menggunakan Teknologi saat Menjaga Kebersihan Pekarangan Rumah

Pertimbangan menggunakan teknologi dapat membantu dalam menjaga kebersihan pekarangan rumah dan membuat pekerjaan membersihkan pekarangan menjadi lebih mudah dan efisien. Beberapa contoh teknologi yang dapat digunakan dalam menjaga kebersihan pekarangan rumah adalah sebagai berikut:

  • Peralatan pemotong rumput otomatis: ini adalah alat yang menggunakan teknologi sensor untuk mengenali tinggi rumput yang ideal dan memotongnya dengan tepat.
  • Sistem pengairan otomatis: ini adalah sistem yang menggunakan sensor untuk mengenali kondisi tanah dan cuaca dan menyiram tanaman dengan tepat.
  • Sistem penyimpanan air hujan: ini adalah sistem yang mengumpulkan air hujan dari atap rumah dan menyimpannya dalam tangki atau drum untuk digunakan kembali saat kekeringan.
  • Peralatan pembersih taman otomatis: seperti robot pembersih daun atau robot pemotong rumput.

Menggunakan teknologi ini dapat membantu Kamu untuk menjaga kebersihan pekarangan dengan lebih efisien dan efektif, serta membuat pekerjaan membersihkan pekarangan menjadi lebih mudah dan nyaman. Namun, pastikan Kamu memahami bagaimana menggunakan teknologi tersebut dan memperhatikan konsumsi energi dan biaya yang dibutuhkan.

9. Menyapu Pekarangan

Menyapu Pekarangan, salah satu Cara Menjaga Kebersihan Pekarangan Rumah

Menyapu pekarangan adalah salah satu cara penting dalam menjaga kebersihan pekarangan rumah dan membersihkan sampah dan debu yang terkumpul di halaman. Menyapu dapat dilakukan dengan menggunakan sapu tangan atau sapu mekanis, dan dapat dilakukan secara berkala, seperti setiap hari atau setiap minggu.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menyapu pekarangan:

  • Pilih sapu yang sesuai dengan ukuran pekarangan Kamu, dan pastikan sapu itu dalam kondisi baik
  • Bersihkan halaman dari sampah dan debu, mulai dari sudut-sudut dan sudut-sudut yang jarang terlihat
  • Perhatikan daerah yang sering digunakan dan fokus pada area tersebut.
  • Jangan lupa untuk membersihkan jalan masuk, garasi, dan pintu masuk rumah juga.
  • Jika Kamu memiliki tanaman yang tumbuh di halaman, pastikan untuk tidak menyapu tanaman dan debu yang tersapu ke dalam tanaman
  • Buang sampah yang terkumpul dalam tempat sampah yang tersedia

Menyapu pekarangan secara teratur akan membantu Kamu untuk menjaga kebersihan halaman dan membuat pekarangan Kamu terlihat lebih bersih dan rapi.

Selain itu, menyapu pekarangan juga dapat membantu dalam menjaga kesehatan lingkungan. Debu dan sampah yang terkumpul di halaman dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti alergi atau asma. Oleh karena itu, menyapu pekarangan secara teratur akan membantu dalam mengurangi jumlah debu dan sampah di lingkungan dan menjaga lingkungan tetap sehat.

Menyapu pekarangan juga dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan dan menenangkan. Kamu dapat menikmati suasana segar di pekarangan sambil membersihkan sampah dan debu yang terkumpul.

Selain menyapu, Kamu juga dapat menambahkan peralatan yang dapat membantu dalam membersihkan seperti pembersih debu elektronik atau pembersih debu dengan udara yang dikompresi. Peralatan ini dapat membantu dalam membersihkan debu dan sampah yang terkumpul di dalam rumah dan di luar rumah.

10. Buat Rencana Pemeliharaan Jangka Panjang

Buat Rencana Pemeliharaan Jangka Panjang saat Menjaga Kebersihan Pekarangan Rumah

Buat rencana pemeliharaan jangka panjang adalah salah satu cara penting dalam menjaga kebersihan pekarangan rumah dan memastikan bahwa pekarangan Kamu selalu dalam kondisi yang baik. Rencana pemeliharaan jangka panjang dapat meliputi berbagai hal, seperti:

  • Pembersihan dan pemeliharaan saluran air
  • Pemangkasan dan pemeliharaan tanaman
  • Penambahan tanaman baru
  • Pengurangan atau penambahan peralatan pemeliharaan

Sebelum membuat rencana pemeliharaan, Kamu harus memahami kondisi lingkungan dan tanaman yang ada di pekarangan Kamu. Kamu juga harus memahami jenis tanaman yang sesuai dengan lingkungan Kamu dan jenis tanah yang ada di pekarangan Kamu. Kamu dapat bekerja sama dengan ahli hortikultur atau pakar lingkungan untuk membuat rencana yang sesuai dengan kondisi lingkungan Kamu.

Setelah rencana dibuat, Kamu harus melakukan pemeliharaan secara berkala sesuai dengan rencana yang dibuat. Membuat rencana pemeliharaan jangka panjang akan membuat Kamu lebih mudah dalam mengelola pekarangan Kamu

11. Bersihkan Genangan Air

Bersihkan Genangan Air, salah satu Cara Menjaga Kebersihan Pekarangan Rumah

Bersihkan genangan air adalah salah satu cara penting dalam menjaga kebersihan pekarangan rumah dan mencegah masalah yang disebabkan oleh air yang tidak teralirkan dengan baik. Genangan air dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti hujan yang lebat, saluran air yang tersumbat, atau tanah yang tidak dapat menyerap air dengan baik.

Untuk membersihkan genangan air, Kamu dapat mengambil beberapa langkah berikut:

  • Pastikan saluran air dibersihkan secara teratur dan tidak tersumbat dengan sampah atau tanaman yang tumbuh di dalamnya.
  • Bangun saluran drainase yang efektif untuk mengalirkan air hujan dari atap atau tanah ke lokasi yang aman, seperti kolam atau saluran air hujan.
  • Pastikan kondisi tanah di sekitar rumah dapat menyerap air dengan baik, yang dapat dilakukan dengan menambahkan pasir atau tanah berbatu ke tanah yang kering atau membuat parit.
  • Jika genangan air tidak dapat dikelola dengan cara-cara tersebut, Kamu dapat menambahkan pompa air untuk mengeluarkan air dari genangan.

Membersihkan genangan air dapat membantu Kamu untuk menjaga kebersihan pekarangan dan mencegah masalah yang disebabkan oleh air yang tidak teralirkan dengan baik. Juga dapat membantu mencegah banjir, kerusakan lingkungan, dan masalah kesehatan yang dapat disebabkan oleh genangan air.

12. Sediakan Tempat Sampah

Sediakan Tempat Sampah, salah satu Cara Menjaga Kebersihan Pekarangan Rumah

Sediakan tempat sampah adalah salah satu cara penting dalam menjaga kebersihan pekarangan rumah dan mencegah sampah dari tersebar di sekitar rumah. Menyediakan tempat sampah yang tepat dan mengajukan sampah sesuai dengan jadwal yang diatur dapat membuat pekarangan Kamu lebih rapi dan bersih.

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat menyediakan tempat sampah di pekarangan rumah adalah:

  • Pilih jenis tempat sampah yang sesuai dengan volume sampah yang Kamu hasilkan.
  • Sediakan beberapa tempat sampah di beberapa tempat di halaman rumah sehingga mudah di akses oleh semua penghuni rumah.
  • Pasang label atau petunjuk di tempat sampah yang jelas untuk menunjukkan jenis sampah yang boleh dibuang.
  • Pastikan untuk menutup tempat sampah agar tidak menimbulkan bau atau serangga.
  • Kamu juga harus mengajukan sampah sesuai dengan jadwal yang diatur oleh pihak berwenang, dan memisahkan sampah organik dan sampah anorganik sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Menyediakan tempat sampah yang tepat dan mengajukan sampah secara teratur dapat membantu Kamu untuk menjaga kebersihan pekarangan dan mencegah sampah dari tersebar di sekitar rumah. Ini juga dapat membantu Kamu untuk membuat pekarangan Kamu terlihat lebih rapi dan bersih. Dengan menyediakan tempat sampah yang cukup dan mengajukan sampah secara teratur, Kamu juga dapat membantu dalam mengurangi jumlah sampah yang terbuang di lingkungan dan menjaga kesehatan lingkungan.

Selain itu, dengan menyediakan tempat sampah yang tepat dan mengajukan sampah sesuai dengan jadwal yang diatur, Kamu juga dapat membantu dalam mengurangi risiko pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh sampah yang tidak dikelola dengan baik. Ini juga dapat membantu dalam mencegah masalah kesehatan yang dapat disebabkan oleh sampah yang tersebar di lingkungan.

13. Memotong Rumput Pekarangan Secara Rutin

Memotong Rumput Pekarangan Secara Rutin, salah satu Cara Menjaga Kebersihan Pekarangan Rumah

Memotong rumput pekarangan secara rutin adalah salah satu cara penting dalam menjaga kebersihan pekarangan rumah dan memastikan bahwa pekarangan Kamu selalu dalam kondisi yang baik. Rumput yang tumbuh di pekarangan dapat menyebabkan masalah estetika dan dapat juga menyebabkan masalah kesehatan lingkungan.

Untuk memotong rumput secara rutin, Kamu dapat menggunakan pisau belah, pemotong rumput atau mesin potong rumput. Hal yang harus diperhatikan saat memotong rumput adalah:

  • Potong rumput secara teratur, seperti setiap minggu atau setiap dua minggu, tergantung pada tingkat pertumbuhan rumput di pekarangan Kamu.
  • Potong rumput dalam tinggi yang sesuai, jangan terlalu pendek sehingga dapat merusak tanaman yang ada di pekarangan
  • Jangan lupa untuk membersihkan alat pemotong rumput secara teratur agar tetap dalam kondisi yang baik
  • Setelah memotong rumput, Kamu juga harus menyapu jalan setapak dan halaman untuk membersihkan potongan rumput.

Memotong rumput secara rutin dapat membantu Kamu untuk menjaga kebersihan pekarangan dan membuat pekarangan Kamu terlihat lebih rapi dan bersih. Hal ini juga dapat membantu dalam menjaga kesehatan tanaman yang ada di pekarangan Kamu dan menjaga lingkungan tetap sehat.

14. Memberikan Batas Pada Pekarangan Rumah

Memberikan Batas Pada Pekarangan Rumah, salah satu Cara Menjaga Kebersihan Pekarangan Rumah

Memberikan batas pada pekarangan rumah adalah salah satu cara penting dalam menjaga kebersihan pekarangan rumah dan membuat pekarangan Kamu terlihat lebih rapi dan terorganisir. Batas dapat ditentukan dalam bentuk fisik, seperti pagar, pembatas tanaman, atau pembatas batu atau dalam bentuk visual, seperti perbedaan warna tanah atau taman.

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat memberikan batas pada pekarangan adalah:

  • Pilih jenis batas yang sesuai dengan karakteristik pekarangan Kamu, seperti pagar untuk pekarangan yang lebih besar atau pembatas tanaman untuk pekarangan yang lebih kecil.
  • Buat batas dengan bentuk yang sesuai dengan desain pekarangan Kamu, seperti membuat batas yang mengikuti garis taman atau membuat batas yang simetris.
  • Pasang batas dengan benar, seperti memastikan pagar atau batas tanaman ditanam dengan kedalaman yang sesuai dan memastikan batas dapat berdiri dengan stabil.
  • Pastikan untuk membersihkan batas secara teratur dan memastikan tidak ada rumput atau gulma yang tumbuh di sekitar batas.

Memberikan batas pada pekarangan rumah dapat membantu Kamu untuk menjaga kebersihan pekarangan dan membuat pekarangan Kamu terlihat lebih rapi dan terorganisir. Ini juga dapat membantu dalam menjaga kesehatan tanaman yang ada di pekarangan Kamu dan dalam menjaga lingkungan tetap sehat.

15. Potong Tanaman yang Tumbuh Keluar Pekarangan

Potong Tanaman yang Tumbuh Keluar Pekarangan, salah satu Cara Menjaga Kebersihan Pekarangan Rumah

Potong tanaman yang tumbuh keluar pekarangan adalah salah satu cara penting dalam menjaga kebersihan pekarangan rumah dan memastikan bahwa pekarangan Kamu selalu dalam kondisi yang baik. Tanaman yang tumbuh keluar pekarangan dapat menyebabkan masalah estetika dan juga dapat menyebabkan masalah fungsional seperti tanaman yang tumbuh di jalan atau saluran air.

Untuk potong tanaman yang tumbuh keluar pekarangan, Kamu dapat menggunakan pisau belah, gunting atau pemotong rumput. Hal yang harus diperhatikan saat memotong tanaman adalah:

  • Potong tanaman secara teratur, seperti setiap minggu atau setiap dua minggu, tergantung pada tingkat pertumbuhan tanaman di pekarangan Kamu
  • Potong tanaman pada ketinggian yang sesuai, jangan terlalu pendek sehingga dapat merusak tanaman yang ada
  • Jangan lupa untuk membersihkan alat pemotong tanaman secara teratur agar tetap dalam kondisi yang baik
  • Setelah memotong tanaman, Kamu juga harus menyapu jalan setapak dan halaman untuk membersihkan potongan tanaman.

Potong tanaman yang tumbuh keluar pekarangan dapat membantu Kamu untuk menjaga kebersihan pekarangan dan membuat pekarangan Kamu terlihat lebih rapi dan bersih. Hal ini juga dapat membantu dalam menjaga kesehatan tanaman yang ada di pekarangan Kamu dan dalam menjaga lingkungan tetap sehat.

Pemotongan yang tepat akan membuat tanaman yang ada di pekarangan terlihat sehat dan segar, membuat tanaman lebih berkilau dan meningkatkan produksi buah/ bunga. Pemotongan yang tidak tepat dapat menyebabkan kerusakan pada tanaman dan dapat menyebabkan tanaman menjadi lebih rentan terhadap penyakit.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Semut Di Rumah Anti Ribet

Selain itu, potongan yang tepat juga dapat membantu dalam mencegah masalah kesehatan yang dapat disebabkan oleh tanaman yang tumbuh di jalan atau saluran air. Hal ini dapat membantu dalam mencegah masalah-masalah seperti air yang tidak dapat mengalir dengan lancar, masalah pada drainase, dan masalah lalu lintas.

Potong tanaman secara rutin dapat membuat pekarangan rumah Kamu terlihat segar dan rapi dan dapat membantu dalam menjaga kesehatan lingkungan yang sehat dan segar.


Itulah cara menjaga kebersihan pekarangan rumah, Sahabat SGL.

Semoga artikel ini bermanfaat, ya.

Simak beragam artikel menarik lainnya hanya di

shariagreenland.co.id/blog/

Kalau kamu sedang cari rumah yang insyaAllah Halal sesuai Syar'iy, beberapa Perumahan Sharia Green Land bisa jadi pertimbangan terbaik.

Kami akan selalu #AdaBuatKamu untuk memberikan pilihan properti terbaik yang syar'iy insyaAllah membawa berkah.

Article written by Hasannudin
LOGO resmi SHARIA GREEN LAND
Sharia Green Land merupakan Developer Properti yang telah berdiri sejak 12 Februari 2015. Memiliki visi besar untuk membangun kawasan islami bagi masyarakat muslim. Tidak hanya menyediakan hunian untuk tempat tinggal. Namun juga kawasan islami diharapkan mampu memberikan ketenangan hati. Karena rumah lebih dari sekedar tempat tinggal.
Kenali Lebih Jauh

Tulisan Serupa

Mau mendapatkan informasi mengenai tulisan terupdate?

Silahkan isi form di bawah
Januari 11, 2023

15 Cara Menjaga Kebersihan Pekarangan Rumah, Super Lengkap!

Menjaga kebersihan pekarangan rumah merupakan hal yang penting untuk dilakukan secara rutin agar suasana rumah terasa lebih sehat dan nyaman. Pekarangan yang bersih akan menciptakan suasana yang menyenangkan bagi penghuni rumah, serta menjauhkan risiko penyakit. Sebaliknya, pekarangan yang kotor dapat mengundang risiko penyakit dan mengganggu kesehatan.

Menjaga kebersihan pekarangan tidaklah sulit. Hal-hal yang dapat dilakukan diantaranya menyapu pekarangan untuk menghilangkan debu, membuang sampah pada tempatnya, dan merawat taman dengan cara menyiramnya secara rutin. Tanggung jawab menjaga kebersihan pekarangan juga tidak hanya menjadi tanggung jawab satu orang, namun harus dibantu oleh seluruh anggota keluarga. Dengan melakukan cara-cara di atas, pekarangan rumah akan tetap terjaga kebersihannya dan memberikan suasana yang sehat untuk ditempati.

Untuk menjaga kebersihan pekarangan rumah, Kamu dapat melakukan beberapa hal sebagai berikut:

1. Bersihkan Halaman Secara Teratur

Bersihkan Halaman Secara Teratur, salah satu Cara Menjaga Kebersihan Pekarangan Rumah

Bersihkan halaman secara teratur adalah salah satu cara penting dalam menjaga kebersihan pekarangan rumah. Hal ini meliputi pembersihan sampah dan rumput yang tumbuh di jalanan.

Menjaga halaman Kamu bersih dengan mengumpulkan dan membuang sampah yang terdapat di halaman akan membantu mencegah penyebaran sampah dan pencemaran lingkungan. Rumput yang tumbuh di jalanan juga dapat menyebabkan masalah estetika dan juga dapat menyebabkan masalah kesehatan jika tidak ditangani dengan baik.

Untuk membersihkan halaman, Kamu dapat menggunakan peralatan seperti pemotong rumput, sikat, atau cangkul. Juga sangat penting untuk membuat jadwal pembersihan halaman yang teratur, misalnya setiap minggu, setiap 2 minggu atau sebulan sekali, sehingga Kamu dapat memastikan halaman Kamu tetap bersih dan rapi.

Selain itu, Kamu juga dapat meminta bantuan dari anggota keluarga atau orang lain untuk membantu Kamu membersihkan halaman, atau mempekerjakan perusahaan jasa pembersihan halaman untuk melakukannya untuk Kamu. Ini akan membantu Kamu untuk menjaga pekarangan Kamu selalu rapi dan bersih tanpa harus terlalu banyak mengeluarkan waktu dan usaha sendiri.

2. Pemeliharaan Rutin

Pemeliharaan Rutin, salah satu Cara Menjaga Kebersihan Pekarangan Rumah

Pemeliharaan rutin adalah salah satu cara penting dalam menjaga kebersihan pekarangan rumah dan memastikan bahwa tanaman di halaman Kamu tetap sehat dan tumbuh dengan baik.

Beberapa hal yang harus dilakukan dalam pemeliharaan rutin adalah:

  • Membersihkan daun yang rontok dari tanaman
  • Menyingkirkan gulma yang tumbuh di sekitar tanaman
  • Melakukan pemangkasan atau potongan tanaman untuk mempertahankan bentuk dan ukuran yang diinginkan
  • Membersihkan saluran air yang ada di sekitar tanaman
  • Memberikan pupuk dan air pada tanaman sesuai dengan kebutuhan masing-masing jenis tanaman
  • Mengatasi masalah hama dan penyakit yang mungkin terjadi

Pemeliharaan rutin ini harus dilakukan secara berkala, seperti mingguan atau bulanan, untuk memastikan bahwa tanaman Kamu tetap sehat dan tumbuh dengan baik.

Pemeliharaan ini juga akan membantu Kamu untuk mengatasi masalah sebelum mereka menjadi lebih besar dan lebih sulit untuk diatasi. Sebaiknya Kamu juga mengetahui jenis tanaman yang Kamu miliki dan tahap perawatannya yang sesuai.

Ingatlah bahwa pemeliharaan rutin adalah salah satu cara penting dalam menjaga kebersihan pekarangan dan memastikan bahwa tanaman Kamu tetap sehat dan tumbuh dengan baik.

Baca juga: Inovatif! 7 Cara Menata Rumah Kecil Biar Rapi

3. Buat Penyerapan Air Hujan

Buat Penyerapan Air Hujan, salah satu Cara Menjaga Kebersihan Pekarangan Rumah

Penyerapan air hujan adalah cara untuk mengalirkan air hujan dari atap rumah atau tanah ke lokasi yang aman dan tidak menyebabkan kerusakan. Ini merupakan salah satu cara yang efektif dalam menjaga kebersihan pekarangan rumah dan mencegah masalah yang disebabkan oleh air hujan.

Untuk mengalirkan air hujan dari atap rumah, Kamu dapat menginstal saluran air yang mengarah ke saluran air atau kolam air hujan. Kamu juga dapat menggunakan sistem penyediaan air hujan yang akan menyimpan air hujan dari atap rumah dalam tangki atau drum untuk digunakan kembali pada saat kekeringan.

Pada tanah, Kamu dapat membuat saluran air dengan menggali parit atau saluran di sekitar rumah yang akan mengarahkan air hujan ke lokasi yang aman. Kamu juga dapat membuat taman air hujan yang mengalirkan air hujan ke lokasi yang aman dan membuat taman yang indah.

Secara umum, penyerapan air hujan adalah salah satu cara yang efektif untuk mencegah kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh air hujan dan membuat pekarangan rumah Kamu tetap bersih dan sehat.

4. Buatlah Kompos

Membuat Kompost, salah satu Cara Menjaga Kebersihan Pekarangan Rumah

Membuat kompos adalah salah satu cara yang efektif untuk mengelola sampah organik yang dihasilkan dari pekarangan dan mengubahnya menjadi bahan yang berguna untuk menyuburkan tanaman.

Untuk membuat kompos, Kamu akan memerlukan sampah organik seperti daun, rumput, atau serasah, serta bahan kering seperti daun kering atau jerami. Kamu dapat mencampur bahan-bahan ini dalam rasio yang sesuai dan menyimpannya dalam wadah atau komposter yang sesuai. Kemudian Kamu harus memastikan bahwa kompos terus dibaur dan dibasahi dengan benar agar proses pengomposan berjalan dengan baik.

Kompos yang telah siap digunakan sebagai bahan pemupukan yang alami dan efektif untuk tanaman Kamu. Kamu dapat mencampur kompos dengan tanah di sekitar tanaman atau menyiram tanaman dengan air yang ditambah dengan kompos.

Membuat kompos juga membantu dalam mengurangi jumlah sampah organik yang harus dibuang dan mengurangi beban pada lingkungan. Hal ini merupakan cara yang efektif untuk mengelola sampah organik yang dihasilkan dari pekarangan dan mengubahnya menjadi bahan yang berguna untuk menyuburkan tanaman dan juga bisa membantu dalam menjaga lingkungan tetap sehat.

5. Mengelola Tanaman Secara Rutin

Mengelola tanaman, salah satu Cara Menjaga Kebersihan Pekarangan Rumah

Tanam taman adalah salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan estetika pekarangan dan menyediakan habitat bagi berbagai jenis burung dan binatang lainnya.

Tanam taman dapat dilakukan dengan berbagai jenis tanaman seperti bunga, perdu, pohon, atau tanaman yang memiliki daun hijau yang indah. Kamu dapat menanam tanaman yang sesuai dengan kondisi lingkungan di sekitar rumah Kamu dan jenis tanaman yang sesuai dengan cuaca dan jenis tanah yang ada di pekarangan Kamu.

Kamu juga dapat menambahkan element lain pada taman seperti taman air, taman kayu, atau taman bambu untuk menambah estetika dan memberikan habitat bagi berbagai jenis binatang.

Selain meningkatkan estetika, taman juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan lingkungan, seperti mengurangi polusi udara, meningkatkan kualitas udara, dan meningkatkan kualitas air. Taman juga dapat menjadi tempat yang indah untuk duduk dan bersantai, serta tempat yang baik untuk menghabiskan waktu dengan keluarga atau teman.

Ingatlah bahwa tanam taman merupakan salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan estetika pekarangan dan menyediakan habitat bagi berbagai jenis burung dan binatang lainnya, serta memberikan manfaat bagi lingkungan dan kesehatan.

Baca juga: Cara Bikin Taman Depan Rumah Sederhana, Indah Tidak Harus Mahal

6. Bersihkan Saluran Air

Bersihkan Saluran Air, salah satu Cara Menjaga Kebersihan Pekarangan Rumah

Bersihkan saluran air adalah salah satu cara penting dalam menjaga kebersihan pekarangan rumah dan mencegah masalah yang disebabkan oleh air yang tidak teralirkan dengan baik. Saluran air dapat digunakan untuk mengalirkan air hujan dari atap atau tanah ke lokasi yang aman, seperti kolam atau saluran air hujan.

Jika saluran air tidak dibersihkan secara teratur, dapat terjadi pemblokiran yang disebabkan oleh sampah, daun, atau tanaman yang tumbuh di dalamnya. Hal ini dapat menyebabkan air hujan yang tidak teralirkan dengan baik yang dapat menyebabkan masalah seperti banjir, erosi, dan kerusakan lingkungan.

Untuk membersihkan saluran air, Kamu dapat menggunakan peralatan seperti sikat, cangkul, atau pisau belah untuk membersihkan sampah dan tanaman yang tumbuh di dalam saluran air. Kamu juga harus memastikan bahwa saluran air dibersihkan secara teratur, seperti setiap minggu atau setiap bulan, untuk memastikan bahwa saluran air tetap bersih dan dapat mengalirkan air dengan baik.

7. Gunakan Peralatan yang Tepat

Gunakan peralatan yang Tepat saat Menjaga Kebersihan Pekarangan Rumah

Gunakan peralatan yang tepat merupakan salah satu cara penting dalam menjaga kebersihan pekarangan rumah dan membuat pekerjaan membersihkan pekarangan menjadi lebih mudah dan efisien. Beberapa peralatan yang dapat digunakan untuk membersihkan pekarangan rumah adalah sebagai berikut:

  • Pisau belah: digunakan untuk memotong dan memangkas tanaman, serta membersihkan sampah dan gulma yang tumbuh di sekitar tanaman.
  • Cangkul: digunakan untuk mencabik dan menggali tanah, serta membersihkan sampah dan gulma yang tumbuh di tanah.
  • Sikat: digunakan untuk membersihkan tanah dan tanaman dari sampah dan debu.
  • Pemotong rumput: digunakan untuk memotong rumput yang tumbuh di jalanan dan di sekitar tanaman
  • Gunting: digunakan untuk memotong dan memangkas tanaman dan daun

Selain itu, Kamu juga harus memastikan bahwa peralatan yang digunakan dalam keadaan yang baik dan dalam kondisi yang baik, dan harus dipertahankan dan diperbaiki dengan baik. Hal ini akan membantu Kamu untuk melakukan pekerjaan membersihkan pekarangan dengan lebih efisien dan memmeminimalkan risiko kerusakan atau kecelakaan.

Selain peralatan yang digunakan untuk membersihkan pekarangan, Kamu juga harus memastikan bahwa Kamu memiliki peralatan yang diperlukan untuk merawat tanaman, seperti pemupuk, pestisida, atau peralatan irigasi.

Peralatan yang tepat dapat membuat pekerjaan membersihkan pekarangan menjadi lebih mudah dan efisien. Namun, pastikan Kamu juga mengetahui cara yang benar untuk menggunakan peralatan tersebut dan menjaga keselamatan diri dan orang lain saat menggunakannya.

8. Pertimbangkan Menggunakan Teknologi

Pertimbangkan Menggunakan Teknologi saat Menjaga Kebersihan Pekarangan Rumah

Pertimbangan menggunakan teknologi dapat membantu dalam menjaga kebersihan pekarangan rumah dan membuat pekerjaan membersihkan pekarangan menjadi lebih mudah dan efisien. Beberapa contoh teknologi yang dapat digunakan dalam menjaga kebersihan pekarangan rumah adalah sebagai berikut:

  • Peralatan pemotong rumput otomatis: ini adalah alat yang menggunakan teknologi sensor untuk mengenali tinggi rumput yang ideal dan memotongnya dengan tepat.
  • Sistem pengairan otomatis: ini adalah sistem yang menggunakan sensor untuk mengenali kondisi tanah dan cuaca dan menyiram tanaman dengan tepat.
  • Sistem penyimpanan air hujan: ini adalah sistem yang mengumpulkan air hujan dari atap rumah dan menyimpannya dalam tangki atau drum untuk digunakan kembali saat kekeringan.
  • Peralatan pembersih taman otomatis: seperti robot pembersih daun atau robot pemotong rumput.

Menggunakan teknologi ini dapat membantu Kamu untuk menjaga kebersihan pekarangan dengan lebih efisien dan efektif, serta membuat pekerjaan membersihkan pekarangan menjadi lebih mudah dan nyaman. Namun, pastikan Kamu memahami bagaimana menggunakan teknologi tersebut dan memperhatikan konsumsi energi dan biaya yang dibutuhkan.

9. Menyapu Pekarangan

Menyapu Pekarangan, salah satu Cara Menjaga Kebersihan Pekarangan Rumah

Menyapu pekarangan adalah salah satu cara penting dalam menjaga kebersihan pekarangan rumah dan membersihkan sampah dan debu yang terkumpul di halaman. Menyapu dapat dilakukan dengan menggunakan sapu tangan atau sapu mekanis, dan dapat dilakukan secara berkala, seperti setiap hari atau setiap minggu.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menyapu pekarangan:

  • Pilih sapu yang sesuai dengan ukuran pekarangan Kamu, dan pastikan sapu itu dalam kondisi baik
  • Bersihkan halaman dari sampah dan debu, mulai dari sudut-sudut dan sudut-sudut yang jarang terlihat
  • Perhatikan daerah yang sering digunakan dan fokus pada area tersebut.
  • Jangan lupa untuk membersihkan jalan masuk, garasi, dan pintu masuk rumah juga.
  • Jika Kamu memiliki tanaman yang tumbuh di halaman, pastikan untuk tidak menyapu tanaman dan debu yang tersapu ke dalam tanaman
  • Buang sampah yang terkumpul dalam tempat sampah yang tersedia

Menyapu pekarangan secara teratur akan membantu Kamu untuk menjaga kebersihan halaman dan membuat pekarangan Kamu terlihat lebih bersih dan rapi.

Selain itu, menyapu pekarangan juga dapat membantu dalam menjaga kesehatan lingkungan. Debu dan sampah yang terkumpul di halaman dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti alergi atau asma. Oleh karena itu, menyapu pekarangan secara teratur akan membantu dalam mengurangi jumlah debu dan sampah di lingkungan dan menjaga lingkungan tetap sehat.

Menyapu pekarangan juga dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan dan menenangkan. Kamu dapat menikmati suasana segar di pekarangan sambil membersihkan sampah dan debu yang terkumpul.

Selain menyapu, Kamu juga dapat menambahkan peralatan yang dapat membantu dalam membersihkan seperti pembersih debu elektronik atau pembersih debu dengan udara yang dikompresi. Peralatan ini dapat membantu dalam membersihkan debu dan sampah yang terkumpul di dalam rumah dan di luar rumah.

10. Buat Rencana Pemeliharaan Jangka Panjang

Buat Rencana Pemeliharaan Jangka Panjang saat Menjaga Kebersihan Pekarangan Rumah

Buat rencana pemeliharaan jangka panjang adalah salah satu cara penting dalam menjaga kebersihan pekarangan rumah dan memastikan bahwa pekarangan Kamu selalu dalam kondisi yang baik. Rencana pemeliharaan jangka panjang dapat meliputi berbagai hal, seperti:

  • Pembersihan dan pemeliharaan saluran air
  • Pemangkasan dan pemeliharaan tanaman
  • Penambahan tanaman baru
  • Pengurangan atau penambahan peralatan pemeliharaan

Sebelum membuat rencana pemeliharaan, Kamu harus memahami kondisi lingkungan dan tanaman yang ada di pekarangan Kamu. Kamu juga harus memahami jenis tanaman yang sesuai dengan lingkungan Kamu dan jenis tanah yang ada di pekarangan Kamu. Kamu dapat bekerja sama dengan ahli hortikultur atau pakar lingkungan untuk membuat rencana yang sesuai dengan kondisi lingkungan Kamu.

Setelah rencana dibuat, Kamu harus melakukan pemeliharaan secara berkala sesuai dengan rencana yang dibuat. Membuat rencana pemeliharaan jangka panjang akan membuat Kamu lebih mudah dalam mengelola pekarangan Kamu

11. Bersihkan Genangan Air

Bersihkan Genangan Air, salah satu Cara Menjaga Kebersihan Pekarangan Rumah

Bersihkan genangan air adalah salah satu cara penting dalam menjaga kebersihan pekarangan rumah dan mencegah masalah yang disebabkan oleh air yang tidak teralirkan dengan baik. Genangan air dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti hujan yang lebat, saluran air yang tersumbat, atau tanah yang tidak dapat menyerap air dengan baik.

Untuk membersihkan genangan air, Kamu dapat mengambil beberapa langkah berikut:

  • Pastikan saluran air dibersihkan secara teratur dan tidak tersumbat dengan sampah atau tanaman yang tumbuh di dalamnya.
  • Bangun saluran drainase yang efektif untuk mengalirkan air hujan dari atap atau tanah ke lokasi yang aman, seperti kolam atau saluran air hujan.
  • Pastikan kondisi tanah di sekitar rumah dapat menyerap air dengan baik, yang dapat dilakukan dengan menambahkan pasir atau tanah berbatu ke tanah yang kering atau membuat parit.
  • Jika genangan air tidak dapat dikelola dengan cara-cara tersebut, Kamu dapat menambahkan pompa air untuk mengeluarkan air dari genangan.

Membersihkan genangan air dapat membantu Kamu untuk menjaga kebersihan pekarangan dan mencegah masalah yang disebabkan oleh air yang tidak teralirkan dengan baik. Juga dapat membantu mencegah banjir, kerusakan lingkungan, dan masalah kesehatan yang dapat disebabkan oleh genangan air.

12. Sediakan Tempat Sampah

Sediakan Tempat Sampah, salah satu Cara Menjaga Kebersihan Pekarangan Rumah

Sediakan tempat sampah adalah salah satu cara penting dalam menjaga kebersihan pekarangan rumah dan mencegah sampah dari tersebar di sekitar rumah. Menyediakan tempat sampah yang tepat dan mengajukan sampah sesuai dengan jadwal yang diatur dapat membuat pekarangan Kamu lebih rapi dan bersih.

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat menyediakan tempat sampah di pekarangan rumah adalah:

  • Pilih jenis tempat sampah yang sesuai dengan volume sampah yang Kamu hasilkan.
  • Sediakan beberapa tempat sampah di beberapa tempat di halaman rumah sehingga mudah di akses oleh semua penghuni rumah.
  • Pasang label atau petunjuk di tempat sampah yang jelas untuk menunjukkan jenis sampah yang boleh dibuang.
  • Pastikan untuk menutup tempat sampah agar tidak menimbulkan bau atau serangga.
  • Kamu juga harus mengajukan sampah sesuai dengan jadwal yang diatur oleh pihak berwenang, dan memisahkan sampah organik dan sampah anorganik sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Menyediakan tempat sampah yang tepat dan mengajukan sampah secara teratur dapat membantu Kamu untuk menjaga kebersihan pekarangan dan mencegah sampah dari tersebar di sekitar rumah. Ini juga dapat membantu Kamu untuk membuat pekarangan Kamu terlihat lebih rapi dan bersih. Dengan menyediakan tempat sampah yang cukup dan mengajukan sampah secara teratur, Kamu juga dapat membantu dalam mengurangi jumlah sampah yang terbuang di lingkungan dan menjaga kesehatan lingkungan.

Selain itu, dengan menyediakan tempat sampah yang tepat dan mengajukan sampah sesuai dengan jadwal yang diatur, Kamu juga dapat membantu dalam mengurangi risiko pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh sampah yang tidak dikelola dengan baik. Ini juga dapat membantu dalam mencegah masalah kesehatan yang dapat disebabkan oleh sampah yang tersebar di lingkungan.

13. Memotong Rumput Pekarangan Secara Rutin

Memotong Rumput Pekarangan Secara Rutin, salah satu Cara Menjaga Kebersihan Pekarangan Rumah

Memotong rumput pekarangan secara rutin adalah salah satu cara penting dalam menjaga kebersihan pekarangan rumah dan memastikan bahwa pekarangan Kamu selalu dalam kondisi yang baik. Rumput yang tumbuh di pekarangan dapat menyebabkan masalah estetika dan dapat juga menyebabkan masalah kesehatan lingkungan.

Untuk memotong rumput secara rutin, Kamu dapat menggunakan pisau belah, pemotong rumput atau mesin potong rumput. Hal yang harus diperhatikan saat memotong rumput adalah:

  • Potong rumput secara teratur, seperti setiap minggu atau setiap dua minggu, tergantung pada tingkat pertumbuhan rumput di pekarangan Kamu.
  • Potong rumput dalam tinggi yang sesuai, jangan terlalu pendek sehingga dapat merusak tanaman yang ada di pekarangan
  • Jangan lupa untuk membersihkan alat pemotong rumput secara teratur agar tetap dalam kondisi yang baik
  • Setelah memotong rumput, Kamu juga harus menyapu jalan setapak dan halaman untuk membersihkan potongan rumput.

Memotong rumput secara rutin dapat membantu Kamu untuk menjaga kebersihan pekarangan dan membuat pekarangan Kamu terlihat lebih rapi dan bersih. Hal ini juga dapat membantu dalam menjaga kesehatan tanaman yang ada di pekarangan Kamu dan menjaga lingkungan tetap sehat.

14. Memberikan Batas Pada Pekarangan Rumah

Memberikan Batas Pada Pekarangan Rumah, salah satu Cara Menjaga Kebersihan Pekarangan Rumah

Memberikan batas pada pekarangan rumah adalah salah satu cara penting dalam menjaga kebersihan pekarangan rumah dan membuat pekarangan Kamu terlihat lebih rapi dan terorganisir. Batas dapat ditentukan dalam bentuk fisik, seperti pagar, pembatas tanaman, atau pembatas batu atau dalam bentuk visual, seperti perbedaan warna tanah atau taman.

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat memberikan batas pada pekarangan adalah:

  • Pilih jenis batas yang sesuai dengan karakteristik pekarangan Kamu, seperti pagar untuk pekarangan yang lebih besar atau pembatas tanaman untuk pekarangan yang lebih kecil.
  • Buat batas dengan bentuk yang sesuai dengan desain pekarangan Kamu, seperti membuat batas yang mengikuti garis taman atau membuat batas yang simetris.
  • Pasang batas dengan benar, seperti memastikan pagar atau batas tanaman ditanam dengan kedalaman yang sesuai dan memastikan batas dapat berdiri dengan stabil.
  • Pastikan untuk membersihkan batas secara teratur dan memastikan tidak ada rumput atau gulma yang tumbuh di sekitar batas.

Memberikan batas pada pekarangan rumah dapat membantu Kamu untuk menjaga kebersihan pekarangan dan membuat pekarangan Kamu terlihat lebih rapi dan terorganisir. Ini juga dapat membantu dalam menjaga kesehatan tanaman yang ada di pekarangan Kamu dan dalam menjaga lingkungan tetap sehat.

15. Potong Tanaman yang Tumbuh Keluar Pekarangan

Potong Tanaman yang Tumbuh Keluar Pekarangan, salah satu Cara Menjaga Kebersihan Pekarangan Rumah

Potong tanaman yang tumbuh keluar pekarangan adalah salah satu cara penting dalam menjaga kebersihan pekarangan rumah dan memastikan bahwa pekarangan Kamu selalu dalam kondisi yang baik. Tanaman yang tumbuh keluar pekarangan dapat menyebabkan masalah estetika dan juga dapat menyebabkan masalah fungsional seperti tanaman yang tumbuh di jalan atau saluran air.

Untuk potong tanaman yang tumbuh keluar pekarangan, Kamu dapat menggunakan pisau belah, gunting atau pemotong rumput. Hal yang harus diperhatikan saat memotong tanaman adalah:

  • Potong tanaman secara teratur, seperti setiap minggu atau setiap dua minggu, tergantung pada tingkat pertumbuhan tanaman di pekarangan Kamu
  • Potong tanaman pada ketinggian yang sesuai, jangan terlalu pendek sehingga dapat merusak tanaman yang ada
  • Jangan lupa untuk membersihkan alat pemotong tanaman secara teratur agar tetap dalam kondisi yang baik
  • Setelah memotong tanaman, Kamu juga harus menyapu jalan setapak dan halaman untuk membersihkan potongan tanaman.

Potong tanaman yang tumbuh keluar pekarangan dapat membantu Kamu untuk menjaga kebersihan pekarangan dan membuat pekarangan Kamu terlihat lebih rapi dan bersih. Hal ini juga dapat membantu dalam menjaga kesehatan tanaman yang ada di pekarangan Kamu dan dalam menjaga lingkungan tetap sehat.

Pemotongan yang tepat akan membuat tanaman yang ada di pekarangan terlihat sehat dan segar, membuat tanaman lebih berkilau dan meningkatkan produksi buah/ bunga. Pemotongan yang tidak tepat dapat menyebabkan kerusakan pada tanaman dan dapat menyebabkan tanaman menjadi lebih rentan terhadap penyakit.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Semut Di Rumah Anti Ribet

Selain itu, potongan yang tepat juga dapat membantu dalam mencegah masalah kesehatan yang dapat disebabkan oleh tanaman yang tumbuh di jalan atau saluran air. Hal ini dapat membantu dalam mencegah masalah-masalah seperti air yang tidak dapat mengalir dengan lancar, masalah pada drainase, dan masalah lalu lintas.

Potong tanaman secara rutin dapat membuat pekarangan rumah Kamu terlihat segar dan rapi dan dapat membantu dalam menjaga kesehatan lingkungan yang sehat dan segar.


Itulah cara menjaga kebersihan pekarangan rumah, Sahabat SGL.

Semoga artikel ini bermanfaat, ya.

Simak beragam artikel menarik lainnya hanya di

shariagreenland.co.id/blog/

Kalau kamu sedang cari rumah yang insyaAllah Halal sesuai Syar'iy, beberapa Perumahan Sharia Green Land bisa jadi pertimbangan terbaik.

Kami akan selalu #AdaBuatKamu untuk memberikan pilihan properti terbaik yang syar'iy insyaAllah membawa berkah.

Article written by Hasannudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LOGO resmi SHARIA GREEN LAND
Sharia Green Land merupakan Developer Properti yang telah berdiri sejak 12 Februari 2015. Memiliki visi besar untuk membangun kawasan islami bagi masyarakat muslim. Tidak hanya menyediakan hunian untuk tempat tinggal. Namun juga kawasan islami diharapkan mampu memberikan ketenangan hati. Karena rumah lebih dari sekedar tempat tinggal.
Kenali Lebih Jauh

Mau mendapatkan informasi mengenai tulisan terupdate?

Silahkan isi form di bawah