logo Sharia Green Land panjang 2
LOGO Sharia Green Land
logo Sharia Green Land panjang 2

Awas! Bahaya Riba Bisa Bikin Masalah di Dunia & Akhirat

Bagi sebagian umat muslim, istilah Riba sudah bukan merupakan hal asing lagi.  Mengapa sebagian? Karena sebagian lainnya belum memahami apa arti riba dan bahaya riba, sementara sebagiannya lagi ada yang sudah memahami namun belum bisa mengaplikasikan ke kehidupan nyata, sebagian lainnya ada yang paham dan berusaha menghindarinya.

Lantas, kenapa ada sebagian orang yang sudah paham tentang bahaya riba namun belum bisa atau susah sekali untuk menghindarinya? Ini karena riba sudah masuki dan berperan aktif dalam kehidupan sehari-sehari. Meskipun bahaya riba sudah sangat jelas, namun sangat sering bersinggungan sehingga akan makin sulit untuk tidak menyentuhnya sama sekali.

Baca juga: Riba dan Perbankan Syariah

Rugi Dunia untuk Kamu yang Senang Main Riba

Kerugian yang bisa Anda dapatkan tatkala terjerumus di dalam riba akan sangat membahayakan sekali. Banyak orang yang tidak dapat menyelesaikan permasalahan riba dan harus menanggung kesulitan seumur hidupnya.

Misalnya saja, sekarang ini sedang marak pinjaman online yang mengklaim bisa memberi pinjaman dalam waktu cepat bahkan tanpa syarat. Bagi yang membutuhkan dana mendesak tentu ini sangat menguntungkan di awal. Ingat, hanya di awal saja ya. Karena selanjutnya, harus ada hal yang ditanggung yaitu pembayaran cicilan pinjaman + bunga dengan hitungan persen per hari, misal 1% per hari. Artinya dalam 30 hari bunga yang dibayarkan bisa mencapai 30% perbulan dari jumlah pinjaman. Makin hari bunga makin mencekik!

bahaya riba, riba dunia

Atau saat Anda ingin beli rumah dengan harga kredit, bila Anda membeli pada developer property konvensional bisa saja harga akan ditambahkan dengan bunga + kenaikan harga properti tiap tahun. Artinya, nilai yang akan dibayarkan sangatlah tinggi. Berbeda dengan perusahaan property syariah. Harga kredit tidak akan dikenakan bunga, namun untuk perbedaan harga dengan cash itu berdasarkan pada kenaikan harga properti tiap tahun.

Bahkan praktik riba juga bisa mengancam keberkahan hidup Anda. Ini berhubungan dengan kemudahan rezeki, kemudahan saat berbagi kesulitan, dan yang lainnya. Di sisi sosial pun para pelaku riba cenderung terpinggirkan sebab malah akan mempersulit dan merugikan orang lain.

Rugi Akhirat untuk Kamu yang Senang Main Riba

Halal haramnya suatu hal tentu tidak akan ditetapkan tanpa sebab dan tanpa alasan. Berkaitan dengan bahaya Riba, dalam Kitab Suci umat muslim yaitu Al-Quran sudah disampaikan dengan sangat jelas. Firman Allah Subhanahu wa ta’ala dalam surat Al-Baqarah ayat 278 tentang Riba:

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkanlah sisa riba (yang belum dipungut), jika kamu beriman."

Dalam surah tersebut ada seruan yang dikhususkan pada orang beriman atau bisa diartikan “bila kamu beriman maka jauhi riba”. Kalimat ini seolah mempertanyakan kondisi keimanan seseorang bila ia masih masuk ke dalam kubangan riba.

Jika nasib kita dipertanyakan, lantas bagaimana dengan nasib kita diakhirat kelak bila terus bergelut dengan bahaya riba?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

LOGO resmi SHARIA GREEN LAND
Sharia Green Land merupakan Developer Properti yang telah berdiri sejak 12 Februari 2015. Memiliki visi besar untuk membangun kawasan islami bagi masyarakat muslim. Tidak hanya menyediakan hunian untuk tempat tinggal. Namun juga kawasan islami diharapkan mampu memberikan ketenangan hati. Karena rumah lebih dari sekedar tempat tinggal.
Kenali Lebih Jauh

Mau mendapatkan informasi mengenai tulisan terupdate?

Silahkan isi form di bawah