( +62) 222 7612 165 info@shariagreenland.com

Membersihkan rumah merupakan salah satu rutinitas yang harus selalu dilakukan setiap hari. Karena tanpanya rumah kita akan tampak seperti kapal pecah yang bisa merusak mood dan berujung pada rasa malas. Oleh karenanya diperlukan tips membersihkan rumah yang efektif, supaya rumah tetap terlihat rapi dan bersih. Dengan usaha yang minimal tentunya.

 

1. Bereskan Rumah dari Perabotan yang Paling Besar Lebih Dahulu

Tips Membersihkan Rumah, bereskan rumah

Sebelum membereskan barang yang berukuran kecil, sebaiknya bereskan barang yang besar terlebih dahulu. Misalnya, jika kamu memiliki rumah yang bagian ruang tengahnya terdapat TV dan kasur kecil berukuran single. Sebaiknya bereskan terlebih dahulu kasur tersebut ketika tidak digunakan. Sehingga ruangan akan terasa lebih lega. Caranya bisa dengan menggulung kasur lalu menyimpannya di kamar.

Setelah itu, kamu baru bisa membereskan barang-barang berukuran kecil seperti mainan anak-anak atau barang bekas pakai oleh suami. Supaya lebih menghemat tenaga, kamu bisa menyimpan gelas kotor ketika mau pergi ke dapur atau membawa mainan anak ketika mau membereskan kamar tidur anak.

 

2. Langsung Cuci Perabotan Berukuran Besar Setelah Dipakai

Tips Membersihkan Rumah, Cuci Perabotan

Mencuci piring atau alat makan lainnya bisa dilakukan satu hingga dua kali dalam sehari. Tidak menjadi masalah jika kamu tidak langsung mencucinya setelah makan. Hanya saja untuk perabotan yang berukuran besar seperti wajan, baskom bekas masak, dan panci sebaiknya langsung cuci ketika selesai digunakan. Agar bak cuci piring tidak berantakan dan terlihat sempit. Sehingga yang tersisa nantinya hanya tinggal gelas, sendok, dan piring saja.

Selain itu sebaiknya dibedakan antara penggunaan spons untuk mencuci peralatan masak dan spons untuk peralatan makan. Karena peralatan masak biasanya banyak meninggalkan minyak. Sehingga ketika menggunakan spons yang sama ketika mencuci peralatan makan, bisa jadi meninggalkan sisa minyak dan juga tidak higienis.

 

3. Menyapu Rumah Cukup Dua Kali Sehari

Tips Membersihkan Rumah, menyapu

 

Menyapu rumah dua kali sehari sebenarnya cukup untuk menjaga rumah tetap terlihat rapi dan bersih. Hanya saja ketika memiliki anak balita yang aktif bermain atau menikmati cemilan serta jajanannya di dalam ruangan, hal ini pastinya jadi agak sulit dilakukan. Salah satu trik yang bisa kamu lakukan adalah dengan segera membuang sampah bekas jajan anak serta setelah anak bermain, langsung membereskan ruangan yang berantakan tersebut.

 

4. Berikan Perhatian Ekstra Pada Kebersihan Dapur

Tips Membersihkan Rumah, bereskan dapur

Mengepel rumah cukup dilakukan dua kali saja dalam seminggu. Namun khusus untuk bagian dapur harus diberikan perhatian lebih, setidaknya diperlukan effort dua kali dari ruangan lainnya di dalam rumah. Karena, dapur sangat mudah sekali berminyak. Ketika tidak dibersihkan secara rutin, maka kotoran atau minyak yang berasal dari dapur akan menyebar ke seluruh ruangan melalui kaki kita. Oleh karena itu, jangan lupa pula untuk menyimpan keset di bagian pintu dapur.

Tips Membersihkan Rumah, mengepel

Ada tips yang bisa kamu praktikan ketika mengepel lantai, yaitu dengan menggunakan kain pel yang panjang. Selain digunakan untuk mengepel, alat yang satu ini juga bisa berfungsi sebagai sapu. Pekerjaan menjadi lebih efisien
Karena tidak capek dua kali dengan menyapu dan mengepel sekaligus.

 

5. Jangan Menunggu Pakaian Kotor Menumpuk

Tips Membersihkan Rumah, bereskan pakaian kotor

Mungkin ini termasuk kesalahan yang umum terjadi, yaitu mencuci pakaian ketika sudah menumpuk banyak. Seriusan, nyuci pakaian yang banyak sekaligus itu bener-bener melelahkan. Jadi sebaiknya hal ini dihindari ya. Cobalah untuk mencuci pakaian dua hingga tiga hari sekali.

 

6. Pastikan Tempat Tidur Selalu Rapi

Tips Membersihkan Rumah, bereskan tempat tidur

Kerapian tempat tidur sangat mempengaruhi mood kita. Kondisi tempat tidur yang berantakan bisa membangkitkan rasa malas. Bawaannya itu ingin tiduran terus, betul tidak? Oleh karena itu, jangan sampai deh jadi kaum rebahan gara-gara membiarkan kamar tidur terlihat berantakan. 

 

7. Hindari Melakukan Banyak Pekerjaan Rumah dalam Satu Waktu Sekaligus

Hindari Melakukan Banyak Pekerjaan Rumah

Usahakan agar membuat jadwal pekerjaan rumah dengan baik. Jangan sampai kamu mengepel, mencuci, dan menyetrika baju secara bersamaan dalam satu hari. Sebaiknya dibuat jadwal, misalnya hari seninnya mengepel lantai, selasa mencuci baju, dan seterusnya. Sehingga hari minggunya bisa kamu gunakan untuk berlibur bersama keluarga tercinta.

Demikian beberapa tips membersihkan rumah yang mudah-mudahan bisa kamu praktikan. Silahkan share jika tulisan ini bermanfaat. Terimakasih.

REKOMENDASI

Trik Membuat Sirkulasi Udara Rumah yang Bikin Sejuk, Tanpa perlu AC!

Trik Membuat Sirkulasi Udara Rumah yang Bikin Sejuk, Tanpa perlu AC!

Kondisi udara di dalam rumah yang panas memang bikin gerah dan terkadang mempengaruhi mood kita. Kebanyakan orang menjadikan AC sebagai solusi untuk menjadikan rumah terasa lebih adem. Sayangnya kita harus merogoh kocek yang cukup besar untuk membayar listrik dan juga...

7 Tanaman Penyejuk Ruangan Terbaik, Salah Satunya Lidah Mertua

7 Tanaman Penyejuk Ruangan Terbaik, Salah Satunya Lidah Mertua

Sebagai negara yang beriklim tropis, udara panas sudah menjadi hal yang biasa, terlebih lagi jika posisinya di dataran rendah. Seringkali AC atau kipas angin hadir untuk membuat ruangan menjadi lebih sejuk. Padahal ada alternatif lain yang lebih alami, yaitu dengan...

Beli Rumah atau Mobil, Mendingan Yang Mana?

Beli Rumah atau Mobil, Mendingan Yang Mana?

Hayo ngaku siapa yang sekarang sedang bingung antara mau beli rumah atau mobil? Jika saat ini kamu mencari referensi untuk mendapatkan jawabannya, maka dipastikan jawaban tersebut sifatnya akan selalu subjektif. Tidak heran, karena kondisi dan kebutuhan orang, kan,...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *