( +62) 222 7612 165 info@shariagreenland.com

Rumah merupakan salah satu kebutuhan primer manusia. Namun untuk mendapatkannya bukan perkara yang mudah. Diperlukan kerja keras dan kesabaran serta modal yang sangat besar. Bagi orang yang “berduit” membeli rumah secara cash tentu tidak akan menjadi masalah. Namun bagi orang dengan dana terbatas harus mempertimbangkan kembali apakah harus sewa atau beli rumah (secara KPR tentunya).

Untuk merespons pertanyaan “lebih menguntungkan mana sewa atau beli rumah?”, maka jawabannya bisa relatif, tergantung kondisi masing-masing orang. Bagi karyawan tetap dengan penghasilan tetap, membeli rumah bisa menjadi pilihan yang baik. Namun bagi wiraswasta yang baru memulai usaha dan butuh modal besar tentu menyewa rumah merupakan pilihan yang lebih baik. Mari kita bahas kelebihannya masing-masing.

 

Keuntungan Sewa Rumah

Bagi Anda yang mulai memasuki dunia kerja, impian mendapatkan rumah sendiri bisa jadi tantangan yang menyita pikiran.  Otak kita dipaksa bekerja keras untuk memikirkan bagaimana caranya agar penghasilan yang terbatas dapat membeli rumah sendiri walaupun sederhana.

Tanpa terasa waktu berjalan dengan cepat, rumah impian tak kunjung kita miliki. Tidak sedikit orang yang memilih sewa rumah untuk mengatasinya. Sehingga, pengeluaran tiap bulannya lebih bersahabat dengan kantong dan juga tidak membebani keuangan.

Kenaikan gaji yang setiap tahunnya tidak sebanding dengan kenaikan harga rumah mendorong banyak kaum milenial lebih memilih opsi ini ketimbang harus membeli rumah. Oh iya, sebelumnya kami telah membahas mengenai alasan kaum milenial yang sulit memiliki rumah. Salah satu faktornya adalah mereka cenderung memilih sewa rumah ketimbang membeli rumah. Ketahui fakta menariknya lewat artikel di bawah.

Baca juga: 5 Alasan Generasi Milenial Susah Beli Rumah 

Disisi lain ketika Anda sudah menikah dan memiliki buah hati, tuntutan untuk mendapatkan ruang lebih menjadi suatu keharusan. Sehingga memiliki rumah sendiri menjadi opsi yang lebih baik di masa mendatang. Menyewa rumah bisa dijadikan solusi jangka pendek sebelum Anda benar-benar memiliki rumah sendiri.

Sembari sewa rumah, Anda dapat membangun rumah secara bertahap untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Kami telah merangkum beberapa tips yang bisa dipraktekkan saat akan membangun rumah. Cek langsung langkah-langkah praktisnya melalui tulisan di bawah ini.

Baca juga: Cara Membeli Rumah Tanpa Hutang 

 

Keuntungan Membeli Rumah

Tidak diragukan lagi membeli rumah secara cash adalah opsi terbaik yang bisa Anda ambil ketika memiliki dana yang besar. Namun perlu diambil strategi lain jika dana yang Anda miliki saat ini jumlahnya terbatas. Jika demikian, KPR bisa menjadi salah satu solusi alternatif.

Membeli rumah memanglah membutuhkan usaha dan persiapan finansial yang jauh lebih besar daripada menyewa rumah. Namun perjuangan tersebut akan sebanding dengan keuntungan yang akan diperoleh.

Memiliki rumah sendiri bisa menjadi investasi jangka panjang yang sangat baik. Karena seperti yang telah kita ketahui, bahwa harga properti akan selalu naik setiap tahunnya. Faktanya selama ini harga rumah atau tanah cenderung stabil serta meningkat dan belum pernah mengalami penurunan.

Hal tersebut terjadi karena ketersediaan lahan tidak akan meningkat, sedangkan penambahan penduduk bertambah setiap waktunya. Seperti pada teori ekonomi tentang supply dan demand, bahwa ketika luas lahan tetap sedangkan permintaan meningkat, maka kenaikan harga tidak bisa dihindari.

Selain itu kepemilikan rumah sendiri memberikan sedikit ketenangan bagi keluarga untuk masa depan sebagai jaminan. Jika ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi, keluarga Anda setidaknya masih memiliki rumah untuk ditinggali. Sehingga Anda bisa mewariskan rumah tersebut untuk masa depan mereka.

Demikian pembahasan mengenai “Lebih Menguntungkan Mana Sewa atau Beli Rumah”. Semua pilihan tergantung pada kebutuhan dan kondisi Anda. Silahkan isi kolom komentar pilihan terbaik Anda. Serta jangan lupa untuk share jika tulisan ini bermanfaat.

DMCA.com Protection Status