( +62) 222 7612 165 info@shariagreenland.com

Dilihat dari fungsi dan keberadaannya, jenis ruang makan menjadi salah satu bagian paling penting dari tempat tinggal. Oleh karena itu, hendaknya kita memberikan perhatian lebih dalam hal desain dan dekorasi, guna menciptakan tempat bersantap yang nyaman dan atraktif. Selain itu ruang makan juga memiliki peran yang cukup penting untuk sosialisasi antar penghuni rumah. Sehingga kedekatan antar anggota keluarga pun semakin terjalin.

Kegiatan bersantap termasuk aktivitas rutin yang istimewa, sehingga alangkah baiknya disediakan ruangan khusus. Ada banyak ide yang bisa diterapkan pada ruang makan, bisa itu pengaturan tata letak ruang makan pada rumah, kapasitas meja makan, desain meja makan, bahkan sampai suasana apa yang mau dihadirkan. Semua ini tergantung pada gaya hidup dan konsep yang ingin dibangun oleh pemilik rumah.

Berdasarkan posisinya, terdapat tiga jenis ruang makan, yaitu ruang makan yang terpisah, ruang makan yang bersatu dengan ruang keluarga, dan ruang makan yang bersatu dengan dapur.

 

1. Ruang Makan Terpisah

Ruang makan jenis ini biasanya digunakan sebagai tempat makan yang sifatnya formal. Oleh karena itu, ruang makan terpisah sangat cocok bagi Anda yang sering melakukan jamuan resmi.

 

ruang makan terpisah

 

Meski terpisah, ruang makan memiliki posisi yang berdekatan dengan pantry guna mempermudah pelayanan. Karena terpisah dengan ruangan lain, ruang makan ini harus disertai dengan perlengkapan makan yang lengkap. Adapun meja makan yang digunakan biasanya diletakan di tengah ruangan dengan kapasitas 6-8 orang.

 

2. Ruang Makan Bersatu dengan Ruang Keluarga

Jenis ruang makan ini cukup populer karena dinilai lebih praktis dan tidak memakan banyak tempat. Ruang makan digabungkan dengan ruang keluarga tanpa sekat yang berlebihan, sehingga menghadirkan kesan yang lapang. Meski bersatu, kita dapat memberikan karakter yang berbeda kepada kedua ruangan tersebut dengan menggunakan furnitur, lantai, atau desain plafon yang berbeda.

 

Ruang Makan Bersatu dengan Ruang Keluarga

 

Meja makan yang bisa digunakan untuk jenis ruang makan ini cukup bervariatif dengan kapasitas sekitar 4-6 orang. Sedangkan posisinya bisa disesuaikan dengan kondisi ruangan yang ada, bisa diletakkan di tengah ruang ataupun ditempelkan ke dinding.

 

3. Ruang Makan Bersatu dengan Dapur

Ruang makan yang juga dikenal sebagai breakfast nook ini sangat cocok bagi Anda yang Memiliki hunian mungil atau apartemen dengan ruang terbatas. Meja makan berkapasitas 2-3 orang dengan desain yang simpel dan praktis dapat melengkapi ruang makan ini. Meja dengan ketinggian standar dapat dikombinasikan dengan kursi rendah berdesain simpel.

 

Ruang Makan Bersatu dengan Dapur

 

Ada sedikit tips supaya ruang makan dan dapur ini menjadi lebih praktis dan efisien. Anda dapat menggunakan meja makan yang bisa dilipat kemudian dimasukkan ke dalam kabinet yang tidak terpakai.

Demikian pembahasan mengenai jenis ruang makan ini, semoga bermanfaat bagi Anda yang membacanya. Silahkan isi kolom komentar jika ada masukan dan saran yang membangun. Silahkan share jika tulisan ini bermanfaat.

Sumber gambar: free.com

 

REKOMENDASI

Apa yang Harus Dilakukan untuk Menghadapi Resesi?

Apa yang Harus Dilakukan untuk Menghadapi Resesi?

Salah satu hal yang paling ditakutkan dari pandemi corona bukanlah penyakitnya melainkan efek buruk yang diakibatkannya. Baik dari sisi ekonomi maupun sosial. Terbukti saat ini banyak negara yang sudah mengalami perlambatan ekonomi gara-gara pandemi ini. Maka tidak...

5 Keuntungan Membangun Rumah Sendiri Ketimbang Beli Rumah

5 Keuntungan Membangun Rumah Sendiri Ketimbang Beli Rumah

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan rumah salah satunya adalah dengan membangun rumah sendiri. Keuntungan membangun rumah sendiri terasa dari sisi fleksibilitasnya. Anda dapat menentukan desain, ukuran, tata letak ruangan, dan berbagai macam detail...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DMCA.com Protection Status