( +62) 222 7612 165 info@shariagreenland.com

Salah satu jenis plafon yang paling diminati saat ini adalah plafon gypsum. Plafon dapat diartikan sebagai langit-langit yang berada di antara atap dan ruang di bawahnya. Salah satu fungsi utama dari plafon adalah untuk menahan panas yang akan masuk ke dalam ruangan melalui atap. Sehingga dengan adanya plafon ruangan akan terasa lebih sejuk.

Tingginya harga kayu di pasaran saat ini menjadikan pamor gypsum sebagai salah satu material bangunan semakin meningkat. Gypsum mampu menggantikan material kayu, termasuk salah satunya pada pemasangan plafon. Plafon gypsum dapat diaplikasikan pada berbagai tipe rumah, mulai dari rumah berdesain sederhana hingga rumah mewah.

Seiring dengan perkembangan zaman, kini plafon tidak hanya memiliki fungsi sebagai penahan panas, namun juga menjadi elemen penting dalam mempercantik tampilan interior rumah tempat tinggal. Keharmonisan penggunaan material yang digunakan dan desain yang cermat membuat plafon gypsum mampu memberikan kesan yang berbeda pada sebuah hunian.

Alasan lain yang menjadikan plafon ini banyak diminati adalah sebagai aksen atau material alternatif dalam mendesain interior ruangan. Selain dapat mempertegas tampilan plafon, gypsum juga mampu menghadirkan kesan elegan.

 

Fleksibilitas Desain

Material gypsum mempunyai fleksibielitas yang tinggi sehingga dapat dipadu padankan dengan berbagai material serta konsep desain. Plafon gypsum bisa dipasang di atas rangka metal, kayu, ataupun konstruksi batu bata. Selain itu Anda juga memiliki kebebasan dalam melakukan desain plafon ini dengan kombinasi kaca, asbes, kayu, dan lainnya.

Anda juga dapat mendesain beragam tipe pencahayaan pada plafon gypsum sesuai dengan keinginan. Titik lampu dapat ditempatkan secara terpusat atau tersebar pada bidang plafon, baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Jika Anda menginginkan ruangan dengan kesan dramatis, penempatan titik lampu pada plafon ini dapat disembunyikan. Sehingga pancaran cahaya yang keluar hanya pantulannya saja.

 

Keunggulan Plafon Gypsum

  1. Plafon ini tampak rapi dan luas karena sambungan antar komponennya tidak terlihat. Berbeda dengan material lain yang biasanya mempunyai modul yang kecil dan sambungannya terlihat jelas.
  2. Karena sifatnya yang bisa menahan panas, membuat kemungkinan terjadinya kebakaran di dalam rumah relatif lebih kecil. Apabila plafon tersebut terbakar, api akan berhenti (red: padam) di area yang terkena api dan tidak akan menyebar ke seluruh permukaan plafon.
  3. Plafon gypsum dinilai lebih praktis dan ekonomis dalam penggunaannya. Karena jika terjadi kerusakan, cukup dengan memotong bagian tersebut kemudian ditambal dengan gypsum baru dan dicat ulang sehingga bekasnya tidak terlihat lagi. Tidak seperti bahan triplek, jika terjadi kerusakan kita harus menggantinya dalam ukuran yang besar.
  4. Plafon gypsum dinilai ramah lingkungan. Karena sifatnya yang mudah melebur dengan tanah menjadikan material ini aman bagi lingkungan.

 

Kekurangan Plafon Gypsum

Salah satu musuh terbesar plafon gypsum adalah air. Ketika material ini terkena air, maka akan timbul noda dan jamur sehingga tampilannya tidak cantik lagi. Meski begitu, masalah ini bisa diakali dengan ditutupi cat atau mengganti bagian yang rusaknya saja dengan yang baru. Oleh karena itu konstruksi atap perlu diperhatikan dengan baik agar tidak terjadi kebocoran di kemudian hari.

 

REKOMENDASI

Apa yang Harus Dilakukan untuk Menghadapi Resesi?

Apa yang Harus Dilakukan untuk Menghadapi Resesi?

Salah satu hal yang paling ditakutkan dari pandemi corona bukanlah penyakitnya melainkan efek buruk yang diakibatkannya. Baik dari sisi ekonomi maupun sosial. Terbukti saat ini banyak negara yang sudah mengalami perlambatan ekonomi gara-gara pandemi ini. Maka tidak...

5 Keuntungan Membangun Rumah Sendiri Ketimbang Beli Rumah

5 Keuntungan Membangun Rumah Sendiri Ketimbang Beli Rumah

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan rumah salah satunya adalah dengan membangun rumah sendiri. Keuntungan membangun rumah sendiri terasa dari sisi fleksibilitasnya. Anda dapat menentukan desain, ukuran, tata letak ruangan, dan berbagai macam detail...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DMCA.com Protection Status