( +62) 222 7612 165 info@shariagreenland.com

      Zaman sekarang, banyak muslim yang mulai melek dengan ekonomi. Akibat dari hal ini adalah tumbuhnya berbagai metode pembiayaan syariah seperti Perumahan Syariah Tanpa Riba. Tentu dalam islam, riba merupakan hal yang tidak diperbolehkan alias haram sehingga tidak boleh ada riba di setiap transaksinya. Mengenai melek ekonomi, tentunya harus dilakukan melalui pendidikan. Ini agar nantinya pelajaran tentang ekonomi syariah bisa dipahami secara menyeluruh oleh muslim. Pendidikan harus dilakukan sejak dini. Hal ini agar nantinya ketika sudah dewasa, pemikiran aqidah anak-anak untuk ekonomi syariah tidak mudah terkontaminasi oleh kapitalisme.

       

      Penyebab Mahalnya Pendidikan Islami

      Sayangnya, walaupun makin banyak yayasan yang menawarkan pendidikan berbasis islam terutama untuk anak-anak, harganya melambung. Tidak sedikit yang mematok biaya jutaan per semesternya. Belum lagi dengan biaya saat masuk sekolah. Sebenarnya, kenapa hal tersebut bisa terjadi? Berikut penyebab.

       

      1. Pendidikan dijadikan bisnis

      Tidak hanya di pendidikan islami, semua sektor pendidikan menjadi lahan bisnis yang sangat menjanjikan. Bisa dilihat sendiri berapa bimbel mematok harga untuk les. Tentunya banyaknya umat islam menjadi kesempatan emas bagi para pencari keuntungan. Sebagai bisnis, tentu mengenai harga adalah hal yang sangat banyak diperbincangkan. Itulah sebabnya pendidikan islami bisa melambung harganya.

       

      2. Mahal menentukan kualitas

      Beberapa orangtua tidak peduli dengan harga yang dipatok suatu sekolah. Ada sebuah anggapan bahwa semakin mahal suatu hal, termasuk di bidang pendidikan, maka akan semakin bagus. Bahkan beberapa seminar yang hanya puluhan ribu sepi peminat karena orangtua menganggap itu tidak berkualitas. Ini menyebabkan semahal apapun yang ditawarkan, maka orangtua akan tetap membayar. Tidak hanya di pendidikan, perumahan pun demikian. Perumahan-perumahan mahal pasti tetap laku pembeli karena anggapan yang sama dengan pendidikan.

       

      3. Jauh dari tempat tinggal

      Kalau zaman dulu ada namanya pondok, sekarang juga masih ada. Tapi selain itu juga ada pendidikan islami yang lain seperti Islamic Boarding School. Kadang orangtua sampai mencari sekolah di luar kota hanya agar anaknya bisa mendapatkan pendidikan yang terbaik. Tentunya tidak mungkin si anak harus pulang pergi setiap hari. Pihak sekolah menyiasati dengan menawarkan asrama. Tentu ini tidak gratis. Ada biaya sewa kamar dan makan yang harus ditanggung. Belum lagi apabila ada fasilitas laundry gratis atau yang lainnya.

      Bagi yang ingin dekat dari tempat tinggal sang anak tapi menghindari riba, silahkan cek Perumahan Syariah Tanpa Riba di sini

       

      4. Ada harga ada rupa

      Kalau sebelumnya orangtua yang menganggap bahwa harga itu penting, sebenarnya pihak sekolah juga berpikiran hal yang sama. Fasilitas-fasilitas terbaik tentu tidak didapatkan dengan gratis. Ini artinya, apabila ingin menikmati fasilitas tersebut, harus ada harga yang perlu dibayar. Sesuatu yang terbaik juga pasti mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Hal ini tentunya juga ada di perumahan. Jenis perumahan yang terlihat mewah tentu akan mahal.

       

      5. Solusi Masalah Ini

      Jadi, agar orangtua tidak terlalu terbebani mengenai biaya pendidikan, mereka harus melakukan sesuatu. Tentu pendidikan islami itu penting, tapi tidak harus melulu dengan bersekolah di sekolah yang harus membayar jutaan. Bagi yang mampu tidak apa-apa, tapi bagi yang pas-pasan, bisa mencoba solusi di bawah ini.

       

      6. Belajar sejak dini

      Rumah adalah tempat pertama anak belajar. Ibu adalah madrasah pertamanya. Ketika kita ingin mencari perumahan, cobalah cari perumahan yang dekat dengan Taman Al-Quran. Kalau tidak, paling tidak cari perumahan islami. Hal ini tentu akan memudahkan dalam mendidik anak kelak mengenai islam. Dengan berada di daerah yang islami, ketika nantinya si anak sudah bisa bersosialisasi, maka akan banyak hal-hal mengenai islam yang dia ketahui. Ketika kembali ke rumah, orangtua bisa memberitahukan hal yang benar. Tentu ini akan lebih mudah daripada di perumahan biasa karena akan sulit untuk orangtua mencari contoh. Padahal cara termudah mengajari anak-anak adalah dengan contoh untuk lebih jelasnya silahkan (baca:Tips mendidik anak agar sholeh dan sholehah)


      7. Tanamkan dengan tindakan

      Anak-anak pasti akan meniru orangtuanya. Cara untuk menanamkan pendidikan islami pada anak sangat gampang sebenarnya. Ajak buah hati untuk sholat bersama. Kalau laki-laki bisa diajak untuk ke masjid. Anak perempuan bisa diajak ibunya ketika ada pengajian. Tentunya harus diingat lagi pentingnya perumahan yang islami agar hal ini dapat tercapai. Apabila bisa mendapatkan perumahan yang didominasi muslim apalagi bernuansa islami, tentu tindakan yang banyak dilihat si anak juga tidak jauh dengan hal tersebut.

       

      8. Jangan ikuti arus

      Biasanya orang Indonesia sangat mudah terpengaruhi tren. Apabila anak-anak di suatu perumahan, bersekolah di sekolah A, orangtua yang lain juga ingin menyekolahkan anaknya di sana. Padahal, belum tentu tempat tersebut merupakan yang terbaik. Bisa saja hanya mahal tanpa ada prestasi. Tidak hanya mengenai pendidikan, mengenai perumahan juga. Harus ada riset yang mendalam agar tidak menyesal dengan pilihan yang diambil. Apabila hanya mengikuti kata orang mengenai perumahan, penyesalan selama tinggal yang akan didapatkan. Bisa dibayangkan bagaimana tinggal di suatu rumah yang berekspektasi tinggi tapi ternyata tidak ada apa-apanya. Tentu tidak ada yang menginginkan hal tersebut.

       

      9. Cari dengan testimoni

      Sekarang sudah zamannya teknologi canggih seperti internet. Banyak review mengenai pendidikan yang baik buat anak di internet. Sebagai orangtua bijak, harus banyak membaca agar tidak salah pilih. Karena kadang komentar-komentar yang ada adalah setting-an agar banyak yang memilih salah satu pendidikan islami. Atau bisa jadi komentar yang jelek agar orang tidak pergi ke sana. Begitupun dengan perumahan. Jangan sampai tergiur dengan perkataan sales marketing. Mereka memang dilatih untuk membuat kita berpikir bahwa perumahan tersebut yang terbaik. Alangkah lebih baik mencari juga yang sudah teruji dengan testimoni. Sekali lagi, jangan malas membaca, cari testimoni sebanyak-banyaknya agar ada pembanding yang akurat.

       

      10. Waktunya Beli Tanpa Riba

      Sebagai seorang muslim, sangat penting untuk tidak melakukan transaksi dengan riba. Sesuatu yang haram ketika masuk ke dalam tubuh atau berada di sekitar tentu akan membawa sesuatu yang tidak baik. Tentu tidak ada yang ingin dirinya ataupun keluarga berada dalam keburukan. Untuk itu kita juga perlu mengenali macam macam riba yang ada di sekitar kita dan untuk lebih jelasnya baca kenali riba di sekitar kita, Apalagi kalau mengenai pendidikan ataupun perumahan. Berikut beberapa cara untuk memulai menjauhi riba.

       

      • Menabung di bank syariah

      Menabung adalah hal yang sangat penting. Tidak mungkin di masa sekarang kita menyimpan uang di bawah kasur. Selain rawan hilang, tentu hal tersebut sangat tidak efisien. Sudah sejak lama ditawarkan cara menyimpan uang dengan menabung di bank. Bagi yang tidak mempercayai bank konvensional, sekarang sudah banyak bank yang menggunakan prinsip syariah dalam penggalangan dana nasabah. Hal ini tentu akan memudahkan dalam berbagai kebutuhan hidup. Dalam pendidikan anak, tidak perlu bingung kemana ingin menabung karena ada bank syariah yang dijamin tanpa riba. Begitupun apabila ingin menabung untuk membeli perumahan, tidak ada yang perlu dirisaukan mengenai dana yang tercemari riba karena bank syariah 100% tanpa riba.

      • Memiliki rumah tanpa riba

      Mengenai perumahan, tentu setiap manusia perlu tempat untuk berlindung. Apabila pendidikan ingin berjalan dengan baik, tentu harus berada di tempat yang baik. Sayangnya banyak yang menyalah artikan dengan tempat yang baik harus bayar mahal. Itu sebabnya apabila ingin nyaman, perlu dicari perumahan yang nyaman pula. Tentunya perumahan islami adalah pilihan yang sangat tepat bagi orangtua yang ingin mengajarkan mengenai islam kepada anak. Jangan sampai salah dalam memilih perumahan. Pastikan perumahan tersebut tanpa riba agar nantinya pendidikan islami kepada anak pun bisa menjadi berkah. Seperti contoh perumahan yang di bangun oleh oleh developer property Syariah Sharia green land

      Jangan ragu untuk bertanya

      Pelayanan terbaik untuk anda, Silahkan klik untuk chat dengan customer service kami.

      Executive Sales SIH Lembang

      Dedes

      Online

      Executive Sales PNC Purwakarta

      Bandi

      Online

      DedesExecutive Sales Sharia Islamic Highland Lembang

      Assalamualaikum, terimakasih sudah menghubungi kami, ada yang bisa kami bantu? 00.00

      BandiExecutive Sales Puri Nirana Cigelam Purwakarta

      Assalamualaikum, perkenalkan saya bandi, executive sales puri nirana cigelam purwakarta siap membantu anda 00.00