( +62) 222 7612 165 info@shariagreenland.com

Saat ini tren sharia life style semakin berkembang di dunia, khususnya Indonesia, yang notabene negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia. Jika dulu era 80-an dan 90-an jumlah wanita berhijab sangat terbatas. Maka Alhamdulillah saat ini banyak muslimah yang berhijab tanpa dibebani perasaan takut.

Tak hanya sebatas dunia fashion, gaya hidup syariah ini juga merambah pada dunia makanan halal, bahkan sampai dunia properti. Saat ini banyak pengembang properti yang menerapkan konsep hunian islami, baik dari segi desain, fasilitas, skema pembayaran, bahkan sampai budaya Islami yang hendak dibangun.

Baca juga: Kenali Lebih Jauh Property Syariah Sebelum Beli Rumah KPR

#Desain

Perwujudan konsep Islami pada desain rumah bisa dilihat dari pengaplikasian ornamen kaligrafi yang menghiasi area dinding bangunan. Selain itu, desain area dalam rumah syariah melingkupi pembagian ruang publik dan area pribadi keluarga, bahkan sampai kamar mandi yang didesain tidak menghadap kiblat. Sedangkan untuk desain luar, rumah yang islami biasanya tidak dibangun pagar di pada area depannya, sehingga penghuni mudah bersosialisasi dengan tetangga.

#Fasilitas

Dari segi fasilitas, biasanya perumahan yang mengusung konsep hunian Islami menyediakan Masjid besar, Taman Pendidikan Alqur’an (TPA), Area Taman Qur’an (tempat untuk penghuni Tilawah Qur’an), sekolah Islam, area panahan, dan lain-lain. Ada perumahan di kawasan Bandung Timur yang menawarkan konsep unik, yaitu kawasan Islami berbasis kebun Al Qur’an, dengan menghadirkan tanaman – tanaman yang telah disebutkan Al Qur’an.

Baca Juga: Sharia Islamic Cimuncang, Hunian Islami di Kawasan Bandung Timur

#Skema KPR Syariah

Selain itu, untuk menjalankan kehidupan yang sesuai dengan nilai – nilai Islam, maka sistem transaksi yang digunakan pun harus sesuai dengan syariat Islam. Salah satu cara adalah dengan menggunakan skema KPR Syariah.

Baca juga: Mau Kredit Rumah Tanpa Bank? KPR Syariah Tanpa Bank Solusinya

KPR Syariah sendiri sebenarnya masih terbagi menjadi dua, yaitu KPR yang melibatkan Bank Syariah dan KPR yang sama sekali tidak melibatkan Bank. Ada perbedaan pendapat di kalangan Ulama mengenai KPR Bank Syariah. Ada sebagian yang berpendapat, konsep aturan Islam pada Bank Syariah ini masih belum sempurna. Ada beberapa hal yang masih perlu dibenahi, seperti adanya denda yang tergolong riba, serta adanya multi akad yang dilarang oleh Islam.

Baca juga : KPR Bank Syariah, Patut Diapresiasi, Namun Masih Perlu Dikritisi

#Budaya Islami

Disamping itu ada juga hunian islami yang tidak hanya menawarkan rumah, fasilitas, dan sistem transaksi yang sesuai syariah, tetapi juga budaya Islami para penghuninya. Tidak banyak memang, namun ada beberapa perumahan yang mengusung konsep ini. Salah satu perumahan yang mengaplikasikan konsep ini adalah Puri Nirana Cigelam (PNC), karya developer property Syariah, Sharia Green Land.

Adapun konsep budaya islami yang dikonsep dan berhasil dipraktekkan dipraktikan oleh Puri Nirana Cigelam ini adalah budaya saling menghargai (tasamuh), saling tolong-menolong menghargai (ta’awun), menanamkan kasih sayang (mahabbah), menutup aurat sesuai syar’i, menjalin ukhuwah islamiyyah, dan menegakan amar ma’ruf nahi munkar.

REKOMENDASI

Cara Jitu Mendisiplinkan Anak Sejak Dini

Cara Jitu Mendisiplinkan Anak Sejak Dini

Mendisiplinkan anak sejak dini memang bukan perkara yang mudah. Betul tidak Ayah, Bunda? Meski begitu, hal ini tetap perlu dilakukan supaya mereka dapat tumbuh menjadi anak yang disiplin dan saleh. Lalu pendidikan seperti apa yang tepat diberikan kepada buah hati kita...

Inilah Alasan Mengapa Peran Ayah Dalam Mendidik Anak Sangat Besar

Inilah Alasan Mengapa Peran Ayah Dalam Mendidik Anak Sangat Besar

Ada sedikit kekeliruan pemahaman di sebagian kalangan masyarakat mengenai tugas orang tua dalam mendidik anak. Ada yang beranggapan bahwa mendidik anak adalah tugas dan tanggung jawab seorang ibu. Apakah itu benar?   Mendidik Anak Adalah Salah Satu Tugas Penting...

Inilah Penyebab Anak Rewel yang Mungkin Tidak Anda Sadari

Inilah Penyebab Anak Rewel yang Mungkin Tidak Anda Sadari

Siapa orang tua yang senang memiliki anak rewel? Tentu tidak ada bukan. Ada banyak hal yang menjadi penyebab anak rewel. Salah satu hal yang paling sering terjadi dan mungkin tidak disadari oleh sebagian orang tua adalah jalinan komunikasi yang kurang baik antara anak...

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *